Terkini

Polres Sorong Siagakan Puluhan Personel Dalam Operasi Ketupat Mansinam 2024

Kapabar – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, puluhan personel Polres Sorong melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Mansinam 2024 di wilayah Kabupaten Sorong, Rabu (3/4/2024).

Kapolres Sorong AKBP Yohanes Agustiandaru, SH, S.IK, MH mengatakan, Operasi Ketupat Mansinam 2024 akan dilaksanakan selama 14 hari secara serentak di jajaran Polda dan Polres di seluruh Indonesia. Terhitung sejak tanggal 4-16 April 2024 mendatang.

“Kegiatan Operasi Ketupat Mansinam ini dilaksanakan dalam rangka pengamanan hari raya Idul fitri 1445 Hijriah, dalam hal ini untuk pengamanan arus mudik dan arus balik, dari dan ke Kabupaten Sorong,” ujar Yohanes kepada wartawan usai pelaksanaan apel gelar pasukan.

Dikatakan Yohanes, ada sekitar 50 personel yang dikibatkan dalam Operasi Ketupat Mansinam kali ini. Selain personel organik, Polres Sorong juga bekerjasama dengan rekan-rekan dari Pemda Kabupaten Sorong, yakni dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Satpol PP, unsur TNI, serta anggota Pramuka dan stakeholder lainnya.

“Kami bekerjasama dengan TNI, kementerian lembaga terkait, pemerintah daerah, hingga seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Sorong selama pelaksanaan Operasi Ketupat Mansinam dan perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah. Selain untuk pengamanan Idulfitri, sebelumnya kita juga melakukan pengamanan ibadah puasa,” ungkap Yohanes.

Diakui Yohanes untuk menunjang pelaksanaan Operasi Ketupat Mansinam, Polres Sorong juga telah menyiapkan Tiga pos di tiga titik rawan yang ada di wilayah hukum Polres Sorong, Kabupaten Sorong. Titik rawan tersebut, baik yang merupakan titik rawan, kemacetan lalu lintas maupun titik rawan gangguan Kamtibmas.

“Ketiga pos tersebut, yakni satu pos pengamanan dan dua pos pelayanan. Untuk pos pelayanan berada di sekitar kawasan Alun-alun Aimas.
Sedangkan dua pos pengamanan, lokasinya berada di Pemandian Tirta dan satu pos pengamanan lagi berada di Tugu Merah,” jelas mantan Kapolres Teluk Wondama tersebut.

“Kami juga akan ditempatkan personel untuk melaksanakan giat-giat pengamanan. Baik itu dari Polres maupun Polsek-Polsek untuk melaksanakan tugas-tugas pengamanan dimaksud,” ujarnya.

Menurutnya, pos pengamanan dan pos pelayanan tersebut akan difungsikan sebagai tempat konsolidasi para personel yang tengah bertugas melaksanakan pengamanan Operasi Ketupat Mansinam jelang Idul Fitri.

“Pos tersebut nantinya menjadi pusat komando bagi personel yang bertugas dari berbagai tempat ibadah maupun pengamanan arus lalu lintas di Kabupaten Sorong,” sebutnya.

Demi terlaksananya perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah yang aman dan lancar, dirinya mengimbau agar masyarakat selalu menjaga dan menciptakan situasi yang tertib dan kondusif. Selain itu, diharapkan masyarakat tetap menjaga toleransi antar umat beragama maupun menghormati kebebasan umat beragama dalam menjalankan ibadah.

“Saya harap kita bersama menjaga situasi Kamtibmas di Kabupaten Sorong ini. Momen ini sebaiknya dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas ibadah. Untuk meminimalisasi angka kecelakaan lalu lintas, masyarakat juga saya imbau untuk jangan terlaku euforia dan tetap menjaga keselamatan berkendara,” tuntasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds