Hukrim

Polsek Pelabuhan Gandeng Sejumlah Pihak Jaga Keamanan Arus Mudik

Kapabar – Menjelang hari Raya Natal dan Tahun Baru atau biasa disebut Nataru yang digunakan sebagian orang untuk mudik ke kampung halamannya, Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong menggandeng sejumlah pihak untuk menjaga keamanan di wilayah Pelabuhan Sorong.

Sejumlah yang digandeng Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong itu diantaranya, Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sorong Kelas I Sorong, PT Pelindo 4 Sorong, PT Pelni Sorong dan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Sorong untuk mengamankan arus mudik dari atau menuju Kota Sorong.

“Khusus dari Polsek Pelabuhan kami pernah melakukan rapat teknis terkait pengamanan dalam rangka pelayanan arus mudik Nataru. Kami juga sudah sepakat dengan sejumlah pihak itu untuk melakukan pelayanan yang terbaik bagi pemudik,” kata Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong, Iptu Ihot R.P Tampubolon kepada Kapabar, Kamis (21/12).

Dikatakan Ihot, sesuai dengan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, rute mudik yang paling dominan ditempuh oleh para pemudik ialah ke Kota Ambon, Provinsi Maluku. “Karena beberapa kali kapal sandar di Pelabuhan Sorong kami lihat arus mudik rute paling dominan adalah ke Ambon. Selanjutnya ke ke Kota Jayapura,” ungkap Ihot.

Diakui Ihot, arus mudik di Kota Sorong mulai berjala sejak tanggal 18 Desember 2023 hingga nantinya deprediksi puncak arus mudik pada 22 Desember 2023.

“Sejauh ini, pengamanan yang sudah kami laksanakan dengan pihak TNI adalah membagi tugas penjagaan di setiap pos yang tersedia di area pelabuhan. Karena dengan membagi tugas seperti itu dapat meminimalisir terjadinya gesekan di lapangan,” papar pria berdarah Batak ini.

Dia berharap, dukungan dari semua pihak yang masuk ke wilayah Pelabuhan Sorong dapat menjaga keamanan dan ketertiban, terutama menjaga barang bawaannya.

“Karena kami tidak bisa menjadi Polisi atau pelayan untuk semua masyarakat di Pelabuhan ini dengan jumlah yang begitu banyak. Sehingga pemudik yang akan melakukan perjalanan bisa menjadi Polisi untuk dirinya sendiri dengan menjaga barang bawaannya,” katanya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button