Terkini

Pj Gubernur Buka Papua Barat Daya Expo

Kapabar – Pj Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad didampingi Forkopimda secara resmi membuka kegiatan Papua Barat Daya Expo yang bertempat di Malak Ballroom Aimas Hotel & Convention Hotel, pada Kamis (16/11).

Muhammad Musa’ad dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan menyambut HUT pertama Provinsi Papua Barat Daya pada 9 Desember 2023 mendatang.

“Besok, 17 November itu merupakan tonggak sejarah pertama Provinsi Papua Barat Daya. Karena pada hari itulah Undang-Undang tentang pembentukan Papua Barat Daya ditetapkan di DPR RI. Kemudian tanggal 8 Desember, Undang-Undangnya secara sah ditandatangani oleh Presiden dan dimuat dalam lembaran sejarah NKRI. Selanjutnya di tanggal 9 Desember diresmikan Pemerintahan Provinsi Papua Barat Daya dan dilantik Pj Gubernurnya,” kata Musa’ad.

Selain itu, lanjut Musa’ad, Papua Barat Daya Expo juga dilaksanakan dalam rangka memperingati 22 tahun Otonomi Khusus (Otsus) di Tanah Papua, yang diberlakukan sejak 21 Novembwr 2001 silam.

Menurut Musa’ad, walaupun saat ini sudah ada enam provinsi di tanah Papua namun semua provinsi tersebut diikat oleh tiga kekuatan. Yakni kekuatan budaya (culture), kekuatan bagian dari NKRI dan kekuatan yang menjadikan daerah di Papua diberikan otonomi khusus.

“Ini yang menyatukan kita, mulai dari Provinsi Papua Induk dan Papua secara keseluruhan. Oleh sebab itu telah disepakati bersama bahwa Momen peringatan ke-22 tahun Otsus di Tanah Papua akan dilaksanakan di Provinsi Papua Barat Daya, sebagai provinsi termuda Indonesia ke-38,” papar Musa’ad.

Musa’ad menambahkan, kegiatan PBD Expo hanya salah satu bagian dari rangkaian kegiatan yang akan dilakukan di tingkat Provinsi Papua Barat Daya. Dimana nanti, juga akan dilaksanakan giat Papua Fest Spirit of Otonomi Khusus.

Di samping itu, dirinya juga berharap melalui PDB Expo akan menjadi pertemuan yang menjembatani para investor dengan para pihak. Dimana output dari kegiatan tersebut adalah demi tumbuhnya kegiatan investasi di wilayah Papua Barat Daya.

Pada acara Papua Barat Daya Expo itu, diisi oleh puluhan tallent dan mitra Pemprov PBD yang turut meramaikan acara tersebut dengan booth-nya.

Tak hanya dari kalangan perusahaan dan perbankan, terlihat pula stand pemerintah daerah kabupaten-kota di Papua Barat Daya. Misalnya, stand Pemerintah Kabupaten Maybrat yang menawarkan keunggulan potensi daerah di bumi A3 tersebut. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds