Sorotan

Pemprov PBD Serahkan Rp 3 Miliar Kepada Masjid Raya Al-Akbar

Kapabar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya (PBD) secara simbolis menyerahkan dana hibah sebesar Rp 3 miliar kepada Panitia Pembangunan Masjid Raya Al-Akbar Sorong, Jumat (16/6).

Penyerahan dana hibah itu, dilakukan oleh Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad yang diterima oleh Ketua Panita Pembangunan Masjid Raya Al-Akbar Sorong, Rahman Rajab.

Pj. Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad mengucapkan, terima kasih kepada umat muslim di Provinsi PBD, khususnya di Kota Sorong karena selama ini telah ikut menjaga keamanan, kedamaian, ketentraman di provinsi yang baru berusia enam bulan.

“Kedatangan kami di masjid ini untuk menyerahkan dana hibah sebesar Rp 3 miliar kepada panitia pembangunan masjid, sebagai komitmen kami menjadikan masjid ini sebagai sarana ibadah yang nyaman dan icon PBD,” kata Musa’ad mengawali sambutannya.

Walau terbilang provinsi baru, kata Musa’ad, Pemprov PBD telah memberikan perhatian berupa bantuan dana hibah kepada rumah ibadah yakni Masjid Raya Al-Akbar Sorong.

“Ini merupakan bantuan dana hibah pertama kami. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kebutuhan masjid dan umat nantinya,” kata Musa’ad.

Selain menyerahkan dana hibah, Musa’ad juga memberikan Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua Barat Daya tentang peningkatan status dari Masjid Agung Al-Akbar Sorong Papua Barat menjadi Masjid Raya Al-Akbar Papua Barat Daya.

“Masjid Raya Al-Akbar ini nantinya dibawah Provinsi PBD. Ini terwujud karena kesepakatan bersama, komunikasi dan koordinasi kami dengan sejumlah tokoh serta pengurus masjid, sehingga hari ini, SKnya telah terselesaikan, serta sah menjadi Masjid Raya Al-Akbar Papua Barat Daya,” tuntasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Raya Al-Akbar Sorong, Rahman Rajab menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemprov PBD karena telah menyerahkan bantuan dana hibah kepada Masjid Raya Al-Akbar Sorong.

“Yang mana sejak awal dengan Papua Barat, pak gubernur selalu memberikan bantuan kepada masjid kami. Semoga bantuan ini bisa berlanjut kedepannya hingga masjid ini rampung,” kata Rahman.

Dikatakan Rahman, pengerjaan pembangunan Masjid Raya Al-Akbar Sorong secara fisik secara keseluruhan sudah mencapai 50 persen.

“Ini tinggal finishing dan kubah. Memang PR kami yang terberat adalah kubah masjid agar segera selesai. Kalau kami lihat dari master plan keseluruhan yang terintegrasi itu kami butuh dana sekitar Rp 200 miliar, tapi kalau hanya bangunan masjid saja dananya Rp 80 atau Rp 90 miliar, saat ini realisasi kurang lebih Rp 48 miliar,” terang Rahman.

Rahman berharap, bantuan dana hibah dari Pemprov PBD dapat menjadi pemicu sehingga nantinya masyarakat Kota Sorong khususnya yang beragama muslim bisa tergerak memberikan donasi untuk pembangunan Masjid Raya Al-Akbar Sorong. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds