Sorotan

BP Jamsostek Teken MoU Dengan DPMPTSP Kota Sorong

Kapabar – BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek Cabang Papua Barat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Sorong di Kantor DPMPTSP yang beralamat di Jalan Pramuka, HBM, Kota Sorong, Jumat (12/5).

Kepala BP Jamsostek Cabang Papua Barat, Nasrullah Umar mengatakan, penandatanganan MoU itu selaras dengan mewajibkan seluruh badan usaha, baik UMKM, usaha besar agar tertip peserta BP Jamsostek.

“Maksud dari penandatanganan ini sebagai penjabaran dari pelaksanaan Instruksi Presiden atau Inpres 4 Tahun 2022 Tentang Pemberantasan Kemiskinan Ekstrim,” ujar Nasrullah kepada Kapabar.

Dikatakan Nasrullah, olehnya BP Jamsostek bertanggungjawab menjaga seluruh tenaga kerja yang berkerja pada perusahaan UMKM atau usaha besar untuk menjadi peserta BP Jamsostek yang merupakan tanggung jawab dari pemberi kerja itu sendiri.

“Dengan harapan, tidak ada tenaga kerja yang tidak mendapatkan haknya sesuai dengan UU yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ungkap Nasrullah.

Selain itu, lanjut Nasrullah, manfaat menjadi peserta BP Jamsostek ialah para pengusaha tidak terbilang apabila terjadi resiko baik kecelakaan kerja, berhenti bekerja atau kematian perusahaan tidak terbebani lagi oleh biaya yang harus timbul.

“Misal biaya duka, biaya pengobatan, biaya perawatan apabila terjadi resiko kecelakaan kerja. Jadi pada poinnya seperti itu, ini akan kami jalankan kedepan bersama dengan DPMPTSP. Kami juga akan melakukan monitoring dan evaluasi,” paparnya.

Dirinya berharap, melalui kerja sama itu semoga dapat berjalan mengawasi para pengusaha yang “bandel” agar tertib. Karena akan mendapatkan sanksi administratif apabila kedapatan melanggar.

Sementara itu, Kepala Dinas DMPPTSP Kota Sorong, Menase Jimau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BP Jamsostek Cabang Papua Barat atas penandatanganan MoU.

“Karena hal ini sangat penting untuk semuanya. Bersyukur sekali, kerja sama ini bisa terbangun hari ini, karena ini bukan untuk sekarang tapi dikemudian hari,” kata Manase. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds