Sorotan

Tidak Kunjung Difungsikan, Bangunan Puskesmas Ayamaru Utara Tidak Terurus

Kapabar – Puskesmas Ayamaru Utara Kabupaten Maybrat yang dibangun sejak tahun 2020 lalu dan diresmikan tanggal 14 Agustus 2022 oleh Mantan Bupati Maybrat Bernard Sagrim, hingga kini belum difungsikan. Alhasil beberapa bagian bangunan Puskesmas Ayamaru Utara pun mulai rusak.

Melalui pantauan media ini, gedung baru Puskesmas Ayamaru Utara yang berlokasi di Kampung Karetubun mengalami kerusakan seperti atap bocor, plafon bocor, jendela kaca rusak, fasilitas mobiler seperti kursi, meja dan lemari juga rusak.

Saat dikonfirmasi media ini, salah satu warga setempat mengatakan saat ini pelayanan kesehatan masih terpusat dibangunanan puskesmas lama.

“Kita sayangkan, gedung cantik yang menggunakan APBD ini tidak dimanfaatkan. Kenapa aktivitasnya masih di bangunan yang lama? padahal Puskesmas Ayamaru Utara yang baru ini dibangun menggunakan dana DAK yang bersumber dari APBN pusat,” keluhnya

Sementara itu saat dikonfirmasi media ini kepada Dinas kesehatan kabupaten Maybrat melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Dinkes Kabupaten Maybrat Nikodemus yumame S.KM mengatakan pihaknya sudah dua kali melakukan pengadaan mobilaer. “Yang pertama sudah dimasukkan ke dalam gedung Puskesmas Ayamaru Utara yang baru, namun barang-barang tersebut ada yang rusak dan ada yang hilang. Tahun 2022 kemarin juga kami kembali lakukan pengadaan mobiler lagi untuk menggantikan meja, kursi,kain horden dan lemari yang sudah rusak dan hilang,” jelas Yumame.

Lebih lanjut, dia menambahkan pihaknya sudah memberikan biaya transportasi untuk membawa alat kesehatan dari Ayamaru ke Puskesmas Ayamaru Utara. Namun sambung dia sampai saat ini alat kesehatan itu belum juga tiba.

Disisi lain, saat hendak dimintai keterangan terkait hal tersebut, Kepala Puskesmas Ayamaru Utara, Federika Asmuruf menolak diwawancarai dengan mempertanyakan maksud kedatangan wartawan dari media ini dan meminta bukti rekomendasi dari dinas kesehatan.*HMF

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds