Terkini

Belasan Putra Papua dari LBH Gerimis akan Ikuti Ujian Provesi Advokat

Kapabar – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Papua Optimis (Gerimis) akan mengikut sertakan 25 kadernya dalam ujian provesi advokat oleh Perhimpunan Advokat Indonesia-Suara Advokat Indonesia (Peradi-SAI). Menariknya 18 dari 25 kader LBH Gerimis yang akan mengikuti ujian nanti merupakan putra asli Papua.

Yoseph Titirlolobi selaku Direktur LBH Gerimis yang ditemui di ruang kerjanya Senin (17/5) meengatakan bahwa sebelum bertolak untuk mengikuti ujian di Jakarta pada tanggal 12 Juni 2021 nanti, kader LBH Gerimis telah mengikuti Pendidikan Khusus Provesi Advokat (PKPA).

“Bulan April 2021 kemarin 25 kader LBH Gerimis ini telah mengikuti PKPA yang juga diselenggarakan oleh Peradi-SAI dibawah kepemimpinan Juniver Girsang. Jadi kemarin PKPAnya ada yang dilakukan secara online dan ada yang dilakukan secara tatap muka,” jelas Yoseph.

Setelah mengikuti PKPA lanjut Yoseph, saat ini pihaknya sedang melengkapi berkas-berkas dan administrasi kader LBH Gerimis, untuk kemudian dikirim ke Peradi-SAI. Sambung Yoseph, termasuk mempersiapkan keberangkatan kader yang kemungkinan akan menggunakan jasa kapal laut.

“Kenapa kapal laut, karena jujur saja tidak ada bantuan sedikitpun dari pemerintah setempat. Tapi itu tentu tidak menjadi alasan bagi kami untuk kemudian patah semangat dan berhenti sampai di sini,” ungkap Yoseph.

Yoseph juga mengutarakan kebanggaannya karena 18 dari 25 kader LBH Gerimis yang akan mengikuti ujian provesi advokat merupakan putra asli Papua. Diakui Yoseph mengkaderkan dan menjadikan anak-anak Papua sebagai tuan di tanah mereka sendiri melalui jalur provesi advokat, merupakan impiannya dan pendiri LBH Gerimis, Jimmy Demianus Ijie.

“Kita tau bersama anak-anak Papua yang menjadi advokat jumlahnya masih bisa dihitung dengan jari. Makanya dengan adanya ujian ini, saya yakin LBH Gerimis bisa mengorbitkan pengacara-pengacara Papua yang pastinya akan berbicara banyak di tanah mereka sendiri. Intinya saya mau mereka bisa menjadi pengacara seperti saya, soal rezeki itu Tuhan yang atur,” tuntas Yoseph.*HMF

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds