Terkini

Hadir di Kota Sorong, Apasih Keuntungan Bayar Pajak di Samsat Drive Thru?

Kapabar – Ada kabar gembira nih buat kamu-kamu warga Kota Sorong yang ingin memperpanjang pajak kendaraan. Ya benar, Polda Papua Barat melalui Satuan Lantas Polres Sorong Kota, Pemerintah Provinsi Papua Barat, dan Jasa Raharja kini menyediakan Samsat Drive Thru di Pos Kuda Laut Kota Sorong, buat kamu-kamu warga Kota Sorong yang ingin membayar pajak kendaraan tapi malas untuk ribet dan mengantre.

Dengan adanya Samsat Drive Thru yang baru dilauching hari ini, Kamis (29/4) kamu hanya perlu menunggu kurang lebih 15 menit, agar pajak kendaraan kamu diperpanjang. Dengan waktu yang bisa dibilang sesingkat itu, kamu bahkan tidak perlu turun dari kendaraan kamu loh.

Nah, menurut Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing seluruh inovasi pelayanan publik yang sudah dilakukan Polda Papua Barat sejauh ini, sebagai bentuk upaya mereka dalam menjawab transformasi pelayanan publik. Dimana menurut bapak kapolda kita, Polri saat ini sedang melaksanakan perubahan yang begitu drastis dan radikal. Salah satunya sambung beliau dengan menghadirkan Samsat Drive Thru yang bisa membuat masyarakat untuk lebih mudah merasakan birokrasi, yang selama ini adalah barang mahal.

“Kalau saya bilang terkait dengan transformasi pelayanan publik khususnya di Polda Papua Barat, sangat luar biasa perkembangannya. Termasuk dengan inovasi pelayanan publik Samsat Drive Thru yang baru saja di launching,” jelas kapolda.

“Dengan adanya Samsat Drive Thru, masyarakat bisa mudah membayar pajak dengan tidak lagi harus pergi ke kantor Samsat dan menunggu lama. Samsat Drive Thru sebelumnya sudah dilaunching di manokwari, hari ini launching untuk wilayah Sorong kota dan Aimas. Kami berharap Kabupaten lainnya di Papua Barat, bisa segera di launching,” harap beliau.

Sementara itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyatakan, launching Samsat Drive Thru hadir untuk mempermudah pelayanan terutama dalam pembayaran pajak kendaraan.

Menurut beliau, berdasarkan Perpres Nomor 5 tahun 2015 tanggal 19 Januari 2012 tentang penyelenggaraan sistem administrasi manunggal satu atap, samsat wajib memberikan pelayanan registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor serta sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan secara terintegrasi dan akomodasi, dengan cepat, tepat, transparan, akuntabel dan informatif.

“Dengan demikian aparatur kesamsatan selaku penyelenggara pelayanan publik kesamsatan, dituntut untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, berprosedur, jelas waktu yang cepat dan biaya yang pantas,”

Lanjut gubernur, dengan hadirnya fasilitas pelayanan membayar pajak dengan mudah melalui layanan Samsat Drive Thru, pihaknya berharap bersama dengan tim pembina aparatur kesamsatan memberikan komitmen untuk membangun pelayanan kesamsatan yang lebih baik lagi.

“Dengan adanya Samsat Drive Thru, masyarakat akan lebih mudah membayar pajak. Dengan demikian, dapat meningkatkan pendapatan asli daerah melalui pembayaran pajak. Mengingat pajak kendaraan yang diperoleh, akan disetorkan ke kas daerah dan selanjutnya akan digunakan untuk pembangunan di segala bidang di Provinsi Papua Barat umumnya dan kabupaten serta kota khususnya,” tuntas gubernur.

Setelah mendengar penjelasan dua orang berpengaruh di Papua Barat tadi, tentunya kamu tidak perlu ragu lagi untuk membayar pajak kendaraan di Samsat Drive Thru Kota Sorong.*HMF

 

 

 

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds