Terkini

HUT Ke-57, Ini Harapan Pj Bupati dan Mantan Bupati Kabupaten Sorong

Kapabar – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Sorong Edison Siagian memimpin upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Ke-57 tahun Kabupaten Sorong, bertempat di Lapangan Alun-Alun Aimas pada Jumat 14 Juni 2024.

Seperti biasa, dalam setiap kali peringatan HUT Kabupaten Sorong, tamu undangan selalu tampil anggun dan gagah dengan balutan busana adat dari berbagai daerah. Hal tersebut mencerminkan kebhinekaan dari Kabupaten Sorong sebagai rumah Pancasila.

Edison Siagian dalam sambutannya mengatakan, pada usia ke 57 tahun ini dirinya ingin Kabupaten Sorong sebagai kabupaten induk, dapat melambung menjadi kabupaten nomor satu yang terbaik di Papua Barat Daya. Oleh sebab itu, sejak menjabat 2 bulan yang lalu pihaknya selalu menekankan nilai kedisiplinan dan kerja keras terhadap para pegawai.

“Saya tegas kepada pegawai, terutama hal-hal yang berhubungan dengan pelayanan dasar kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Sorong,” kata Edison Siagian.

Yang kedua, lanjut Edison Siagian, untuk membawa Kabupaten Sorong sebagai kabupaten yang unggul, bidang ekonomi juga menjadi bagian krusial yang harus serius ditangani. Hal itu perlu dilakukan sebab berkaitan langsung dengan kondisi inflasi daerah.

“Perekonomian juga menjadi hal yang penting. Oleh sebab itu setiap minggu kami melaksanakan rapat koordinasi membahas terkait perkembangan inflasi daerah. Selain itu, saat ini kami melalui tim pengendali inflasi daerah (TPID) Kabupaten Sorong setiap hari melakukan pemantauan harga di pasar. Termasuk pengecekan stok dan suplainya guna memastikan inflasi dapat dikendalikan,” terang Edison Siagian.

Dikatakan Edison Siagian, di bulan Juni Kabupaten Sorong mengalami sedikit penurunan inslflasi. Ia berharap melalui beragam upaya yang diambil, inflasi masih bisa turun lagi sehingga posisinya bisa berada di bawah rata-rata nasional.

Sementara itu, mantan Bupati Sorong dua periode tahun 2002-2012, Stepanus Malak menuturkan HUT Ke-57 ini seyogyanya menjadi momen bagi kemajuan Kabupaten Sorong. HUT kali ini diharapkan mampu semakin memperkokoh tanggung jawab pemerintah Kabupaten Sorong untuk mengembangkan tugasnya, baik di bidang pembangunan pelayanan masyarakat maupun penyelenggaraan pemerintahan.

Malak juga berharap seluruh pegawai turut mendukung kerja-kerja pimpinan yang tengah menjabat, termasuk Pj Bupati saat ini.

“Saya harap Pj Bupati juga punya visi yang sama untuk memajukan Kabupaten Sorong. Saya juga berharap seluruh pegawai turut mendukung kinerja Pj Bupati, jangan ada kesan bahwa karena beliau hanya penjabat sehingga ada yang tidak loyal dalam mendukung tugasnya,” kata Malak.

Menurut Malak, etika pemerintahan harus tetap berjalan siapapun pimpinannya, baik pejabat sementara maupun definitif. Dimana sejak pejabat menjalankan tugas, maka saat itulah harus didukung sepenuhnya. Terutama oleh pimpinan SKPD maupun oleh staf. Sehingga pemerintah itu berjalan efektif dan bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat yang ada. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds