Terkini

Tingkatkan SDM, SMK Papua Bangkit Segera Beraktivitas di Kota Sorong

Kapabar – Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Papua Barat Daya, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Papua Bangkit segera didirikan di Kota Sorong.

Salah satu pendiri SMK Pertambangan dan Perminyakan, Paul Fincen Mayor mengatakan bahwa sekolah tersebut didirikan oleh Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan Tokoh Akamdemisi, dalam hal ini beberapa dosen serta guru di Kota Sorong.

Paul menjelaskan bahwa SMK Papua Bangkit nantinya akan menyediakan jurusan pertambangan, perminyakan, farmasi atau kesehatan, administrasi perkantoran, serta multimedia atau IT.

Paul menegaskan, tujuan didirikannya sekolah ini adalah jelas untuk meningkatkan SDM di tanah Papua terlebih khusus Kota Sorong Provinsi Papua Barat Daya.

“Kenapa kita perlu mendorong keberadaan sekolah ini? Karena hari ini ada 31.216 anak asli Papua yang tidak bersekolah. Itu yang asli, belum termasuk yang peranakan dan mereka yang lahir besar di Papua. Ada permasalahan SDM yang perlu kita jawab,” tegas Paul.

“Seperti yang kita ketahui bersama juga bahwa kedepannya di Papua Barat Daya, akan ada KEK, smelter, dan perusahaan-perusahaan tambang di Papua Barat Daya. Nah anak-anak ini kita sediakan lembaga pendidikan yang bisa mendukung dan memberikan mereka bekal untuk bekerja di sana

Paul menyebutkan sekolah ini nantinya akan dibangun di Suprau Kota Sorong dimana selama pembangunannya, para siswa sementara akan belajar sementara di SMP Negeri 5 Kota Sorong.

“Tenaga pegajarnya sudah lengkap dan tanah untuk berdirinya sekolah pun sudah ada. Untuk diketahui juga, keberadaan serta pembangunan sekolah ini telah didukung oleh Penjabat Walikota Sorong, Bapak Septinus Lobat,” kata Paul sembari menerangkan peresmian SMK Papua Bangkit dan penerimaan siswa akan dilakukan bulan ini, Juni 2024.

Paul diakhir wawancaranya memastikan bahwa biaya sekolah yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Bangun Persaudaraan ini, sangatlah terjangkau.

“Tidak murah dan tidak mahal juga, yang pastinya terjangkau. Untuk diketahui juga bahwa Yayasan Pendidikan Bangun Persaudaraan sudah terakta notaris dari Kementrian Hukum dan HAM serta sudah sangat memenuhi seluruh syarat berdirinya sebuah yayasan,” tandas Paul.*HMF

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds