Terkini

Lantik Edison Siagian Jadi Pj Bupati Sorong, Musa’ad Tekankan 3 Hal Ini

Kapabar – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad melantik Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Edison Siagian menjadi Pj Bupati Kabupaten Sorong menggantikan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Kabupaten Sorong Clif Japasenang di Aimas Hotel & Convention Centre, Kamis 4 April 2024.

Sebelumnya, Muhammad Musa’ad juga melantik Asisten II Bidang Ekbang Setda Papua Barat Daya Jhoni Way sebagai Pj Sekda Provinsi Papua Barat Daya menggantikan Edison Siagian di Ruang Rapat Kantor Gubernur Papua Barat Daya.

Pelantikan tersebut ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan dan penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) oleh Muhammad Musa’ad kepada Edison Siagian.

Musa’ad mengatakan bahwa pelantikan ini melewati proses yang cukup panjang, hingga akhirnya mendapatkan keputusan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

“Saya yakin dan percaya bahwa saudara Edison Siagian mampu dan cakap untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai PJ Bupati Sorong,” kata Musa’ad mengawali sambutannya.

Oleh karena itu, Musa’ad meminta kepada semua unsur yang ada di Kabupaten Sorong untuk bekerja sama, bersinergi, dan kolaborasi membantu Edison Siagian di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Pj Bupati Sorong.

Musa’ad menekankan tiga hal penting yang mendesak kepada Edison Siagian. Yang pertama yakni sesudah pelantikan agar segera melakukan konsolidasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sorong dengan berbagai unsur lainnya, baik internal maupun eksternal, dan kementerian lembaga yang ada di Kabupaten Sorong serta semua unsur.

Yang kedua, kata Musa’ad, melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terutama dengan pihak DPR Kabupaten Sorong untuk segera menyelesaikan APBD Kabupaten Sorong

“Karena ini sudah bulan April, kemarin memang ada hambatan-hambatan yang kita hadapi tapi saya yakin dengan adanya Pj Bupati Sorong, insya Allah bisa mempercepat proses-proses regulasi untuk penetapan APBD Kabupaten Sorong,” ucapnya.

Kemudian yang ketiga, tuturnya, mempersiapkan pemilukada sebelum pemilihan anggota DPRK dan DPRP yang mewakili Orang Asli Papua (OAP).

“Tiga hal ini yang mendesak dan harus segera dilakukan. Kalau bisa konsultasi internal, sehingga bisa membantu tugas-tugas bapak ibu, bapak Pj Bupati sebagaimana yang telah diatur di dalam ketentuan peraturan perundang-undangan, ” Jelasnya.

Dia menyampaikan pesan dari Mendagri agar meminta kepada semua pihak di Kabupaten Sorong untuk menyambut kehadiran Edison Siagian dengan sukacita.

“Berbekal dengan pengalaman dari pusat maupun juga di provinsi, bapak Edison Siagian diharapkan dapat memberikan sesuatu yang berarti selama bertugas di sini, sampai adanya Bupati dan wakil bupati yang definitif melalui Pemilukada pada bulan November nanti,” tuntasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds