Terkini

Pj Gubernur Musa’ad Lantik Pimpinan Tetap MRP Papua Barat Daya

Kapabar – Melalui Surat Keputusan (SK), Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad melantik Pimpinan Tetap Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat Daya periode 2023-2028 di Gedung Lambert Jitmau, Remu Utara, Distrik Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (1/3/2024).

Dalam pelantikan Pimpinan Tetap MRP Papua Barat Daya tersebut, Muhammad Musa’ad melantik Alfons Kambu (Ketua), Susance Saflesa (Wakil Ketua I) dan Vincentius Paulinus Baru (Wakil Ketua II) MRP Papua Barat Daya dengan pengambilan sumpah dan janji jabatan.

Muhammad Musa’ad mengatakan, Otonomi Khusus atau Otsus bagi Provinsi Papua yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2021, maka salah satu kekhususan dari Otsus Papua adanya lembaga yang disebut dengan MRP atau lembaga representatif kultural.

“Lembaga ini, merupakan lembaga resmi pemerintah. Sehingga di Provinsi Papua, terdapat tiga pilar atau kekuatan yakni eksekutif, legislatif dan MRP,” ungkap Musa’ad.

Menurut Musa’ad, pemerintahan di Papua lebih kuat dan kokoh, dibandingkan dengan pemerintahan di daerah lain karena ditopang oleh tiga pilar.

“Tetapi, kenapa kita masih menemukan kelemahan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Papua. Sebab, kita belum bisa merekatkan hubungan diantara tiga pilar tersebut,” tegas Musa’ad.

Musa’ad pun mengajak semua pihak di Papua Barat Daya untuk membangun kolaborasi, sinergitas, kerjasama dan saling menghargai agar pemerintahan kuat.

“Kalau pemerintahan kuat, baru bisa berbuat sesuatu untuk kepentingan rakyat. Ini merupakan momentum yang bagus, dari tiga pilar tersebut semuanya baru, sehingga tidak ada alasan untuk yang baru ini tidak bisa menyatu,” terang Musa’ad. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds