Pendidikan

Optimalkan Pemanfaatan Kanal JKN, BPJS Kesehatan Sorong Gandeng Mahasiswa MESRA

Kapabar – Guna menggencarkan pemanfaatan MESRA (Mobile JKN, Skrining dan Rehab) BPJS Kesehatan sambangi beberapa perguruan tinggi untuk mengedukasi para mahasiswa terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sejak dini.

MESRA merupakan terebosan BPJS Kesehatan Cabang Sorong dalam peningkatan pemahaman dan pemanfaatan beragai kanal layanan yang JKN yang ada.

“Gerakan MESRA merupakan kolaborasi lintas bagian dari BPJS Kesehatan Cabang Sorong. Yang mana berfokus pada optimalisasi penggunaan tiga kemudahan layanan BPJS Kesehatan saat ini yaitu Mobile JKN, Skrining dan Rehab (Rencana Pembayaran Bertahap). Untuk saat ini kami targetkan ke beberapa sekolah dan perguruan tinggi dulu,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong Gilang Yoga Wardanu kepada Kapabar melalui pres rilis Jamkesnews, Senin (18/9).

Yoga menerangkan, Aplikasi Mobile JKN dapat di unduh oleh peserta JKN melalui Playstore atau pun Appstore di smartphone masing-masing, sedangkan skrining Riwayat kesehatan dapat dilakukan peserta JKN melalui web skrining atau Aplikasi Mobile JKN.
Untuk Rehab diperuntukkan bagi peserta JKN yang memiliki tunggakan iuran lebih dari tiga bulan dan dapat mendaftarkan diri melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Jadi semuanya terhubung melalui Aplikasi Mobile JKN termasuk skrining dan Rehab. Melalui aplikasi ini juga peserta JKN dapat melakukan perubahan data, perubahan fasilitas kesehatan tingkat pertama, cek status kepesertaan, kartu digital, pengambilan nomor antrean faskes dan masih banyak lagi,” terang Yoga.

Selain pemanfaatan MESRA, BPJS Kesehatan juga tetap memberikan edukasi terkait alur dan prosedur terkait Program JKN termasuk hak serta kewajiban peserta JKN.

Kedepannya gerakan pemanfaatan MESRA ini akan rutin dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sorong termasuk tempat publik lainnya seperti mall, pasar dan lain-lain.

Perwakilan UNIMUDA Sorong, dr. Farida mengunggkapkan dengan adanya edukasi dari pihak BPJS Kesehatan ini dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa/i UNIMUDA terkait pentingnya jaminan kesehatan dan mengenal kanal layanan JKN yang mempermudah kepengurusan administrasi BPJS Kesehatan.

“Edukasi ini sangat bermanfaat di kampus UNIMUDA yang merupakan langkah yang sangat baik dan strategis. Kebutuhan akan layanan kesehatan yang cepat dan dekat dengan masyarakat khususnya bagi seluruh mahasiswa UNIMUDA Sorong adalah hal yang butuh perhatian khusus,” ujar dr. Farida.

Dia menuturkan, bahwa BPJS kesehatan bekerjasama dengan UNIMUDA Sorong sudah berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut dengan kerjasama Klinik Unimuda Medical Center dengan BPJS Kesehatan.

“Diharapkan setelah kegiatan sosialisasi ini, Klinik Unimuda menjadi pilihan utama sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama bagi para mahasiswa dan masyarakat sekitar,” ungkapnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds