Politik

Workshop SIEJ Disambut Baik Ketua KPU Papua Barat Daya

Kapabar – Kegiatan workshop dan rapat dengar pendapat yang digagas oleh The Society of Indonesia Environment Journalists (SIEJ) yang membahas tentang memperkuat narasi lingkungan di tahun politik, disambut baik oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Daya, Andarias Kambu.

Hadir sebagai narasumber, Andarias mengatakan, kalau kegiatan workshop dan rapat dengar pendapat itu sangat baik, agar bisa melaksanakan tahapan pemilu lebih condong membahas isu ramah lingkungan.

“Sepeti tadi saya sudah jelaskan bahwa ada beberapa program di KPU, yakni tahapan pemilu yang sudah menggunakan aplikasi seperti Sidalih, Sipol, Silon, Sirekap dan seterusnya,” ujar Andarias kepada awak media di Vega Prime Hotel Sorong, Rabu (5/7).

Dikatakan Andarias, dengan hadirnya aplikasi tersebut secara otomatis dapat mengurangi potensi daripada pencemaran lingkungan dengan tidak banyak menggunakan kertas dalam proses atau berjalannya pemilu.

“Dulu, pada Pemilu 2009 dan Pemilu 2014 masih menggunakan kertas yang merupakan bahan karbon yang sudah tentu setelah selesai digunakan, dokumen itu harus dimusnahkan, sehingga sangat berpengaruh kepada pencemaran lingkungan,” jelas Andarias.

Andarias berharap, KPU dapat bersinergi dengan semua pihak, termasuk partai politik, insan pers dan konten kreator untuk menciptakan regulasi di Papua Barat Daya yang berkaitan dengan pemilu.

“Contoh seperti kampanye yang nantinya akan berdampak pada pencemaran lingkungan, sehingga kita semua harus meminimalisir potensi pencemaran lingkungan mengacu kepada regulasi yang ada,” terangnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds