Terkini

Robert Kardinal Gelar Pelatihan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan

Kapabar – Puluhan Ibu Rumah Tangga (IRT) mengikuti pelatihan diversifikasi produk hasil perikanan, yang digelar Anggota DPR RI, Robert Joppy Kardinal.

Pelatihan diversifikasi produk hasil perikanan tersebut merupakan program aspirasi dari politisasi asal Dapil Papua Barat itu. Dimana dalam program itu, ibu-ibu yang kehidupannya mengandalkan hasil melaut dalam hal ini ikan, diberikan materi terkait pengelolaan hasil laut.

Diwawancarai terkait kegiatan yang berlangsung di Aula Pelabuhan Usaha Mina, Selasa (8/4) Robert Kardinal mengatakan bahwa kegiatan itu sangat penting dilakukan agar masyarakat lebih variatif dalam mengolah ikan yang mereka dapat dari hasil melaut.

“Di kegiatan ini mereka dilatih membuat suatu produk yang memiliki nilai tambah dari hasil perikanan itu sendiri. Kalau ikan yang masih baru langsung dibikin ikan asin kan nelayan itu rugi. Beda cerita kalau ikan itu mereka olah menjadi bakso ikan, mpek-mpek atau olahan ikan lainnya, pasti nilai jualnya lebih tinggi dan tahan lama,” terangnya.

Dikatakan Robert pula, kegiatan diversifikasi produk hasil perikanan akan memberikan dampak baik di kemudian hari, mengingat hasil laut di kota Sorong sangat melimpah dan memiliki kualitas yang baik dibanding daerah lain.

“Papua Barat terlebih Kota Sorong sebenarnya memiliki hasil laut dengan potensi yang sangat besar. Sayangnya, masyarakat tidak bisa memaksimalkan potensi perikanan yang ada. Padahal kalaupun mengalami kendala, nelayan bisa memanfaatkan usaha mina atau PT. Perikanan Nusantara,” jelas Robert.

Di akhir wawancaranya, Robert berharap melalui kegiatan itu, olahan ikan dari warga Papua Barat terlebih khusus Kota Sorong dapat dipasarkan hingga di luar daerah.

“Kegiatan seperti ini sudah saya buat dua kali, yang pertama di Kaimana dan kedua hari ini di Kota Sorong. Lewat pelatihan ini semoga hasil olahan ikan yang mereka buat tidak hanya dipasarkan di kota Sorong, kalau bisa di seluruh Indonesia,” harap Robert.*HMF

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds