Politik

Budi Arwan : Pengangkatan Anggota DPR Adalah Ruang Bagi OAP

Kapabar – Kasubdit Otonom Khusus Wilayah II Ditjen Otda Kementerian Dalam Negeri Budi Arwan mengatakan pengangkatan anggota Dewan Perwakilan Rakyak (DPR) tingkat provinsi dan kabupaten-kota adalah ruang bagi Orang Asli Papua (OAP) yang diatur dalam Undang-Undang Otsus Nomor 2 Tahun 2021 dan PP 106 Tahun 2021.

“Ini adalah ruang bagi OAP yang diberikan melalui kebijakan Pemerintah dan DPR. Agar OAP terlibat secara langsung dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan pengangkatan anggota DPR tingkat provinsi maupun kabupaten-kota,” kata Budi kepada awak media di Kota Sorong, Kamis 4 Juli 2024.

Dikatakan Budi, kuota pengangkatan anggota DPR ialah 1/4 dari kursi Pemilihan Umum (Pemilu). Kalau di Provinsi Papua Barat Daya dan Papua Barat terdapat 9 kursi, namun kabupaten-kota menyesuaikan kursi Pemilu di masing-masing daerah.

“Pada kesempatan ini, kami turun ke daerah dalam rangka mendampingi proses pengangkatan anggota DPR tingkat provinsi maupun kabupaten-kota,” ungkap Budi.

Hanya saja, sambung Budi, pengangkatan anggota DPR tersebut harus sesuai dengan mekanisme yang berlaku serta mengikuti seluruh tahapan.

“Jadi semua proses harus sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Karena, ada tiga tahapan yang harus diikuti yakni persiapan, pelaksanaan dan penetapan,” terang Budi.

Selain itu, Budi menjelaskan, pengangkatan anggota DPR tersebut harus memenuhi persyaratan yang tertuang dalam pasal 52 dan 53 di PP 106 yang berisi dua syarat yaitu syarat umum dan syarat khusus.

“Bagi saudara-saudara OAP silahkan manfaatkan ruang ini dengan memenuhi persyaratan yang berlaku. Kami optimis dapat mencapai target, sehingga pelantikannya bersamaan dengan hasil Pemilu,” tuntasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds