Terkini

Kisah Inspiratif Kades Tomo, Ubah Desa Doudo dari Memalukan Menjadi Membanggakan

Kapabar – Sungguh inspiratif dan harus menjadi contoh apa yang telah dilakukan oleh Kepala Desa Doudo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Sutomo yang telah mengubah secara total wajah dari daerah yang ia pimpin.

Desa Doudo sebelumnya menjadi daerah yang asing dan bahkan jarang terdengar namanya. Namun semua berubah setelah pria yang akrab dengan panggilan Tomo ini merasa miris, dengan banyaknya warga yang malu jika menyebutkan kalau mereka berasal dari Desa Doudo.

Tomo berkisah, sebelum tahun 2002, Doudo merupakan desa tertinggal dari sisi infrastruktur dan kesehatan. Bahkan lanjut Sutomo, saat itu Doudo dikategorikan desa kumuh.

Merasa Desa Duodo tidak akan bergerak kemana-mana jika semuanya saling mengharapkan, Sutomo kemudian berinisiatif mengajak masyarakat untuk membangun infrastruktur seperti gapura, jalan lingkungan, poros desa dan usaha tani, serta kantor desa. Di tahun-tahun setelahnya, Tomo kembali membakar semangat penduduk Desa Doudo untuk mengupayakan adanya air bersih, sanitasi, dan lingkungan yang jauh dari kata kotor.

“Pengaplikasian lingkungan bersih ini, kita mulai dengan program e-LINK atau edukasi lingkungan inovatif dan kreatif. Dari sini kemudian kita membuat inovasi seperti membuat tempat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan tempat sampah, pengadaan biopori dan tutup biopori, pembuatan Ipal komunal, serta pemanfaatan air ipal untuk tanaman dan perikanan. Inovasi ini bisa kita wujudkan berkat swadaya warga sendiri dan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) PT Pertamina Poleng Field,” jelas Tomo sembari mengatakan program e-LINK ini membuat Desa Doudo mendapat penghargaan pengelolaan lingkungan Gresik berhias tahun 2016 dan best of the best dalam Gresik berhias tahun 2017.

Adapun program lainnya yang juga Tomo terapkan di Desa Doudo adalah Kampung 3R dan Kampung Toga. Secara singkat Tomo menjelaskan bahwa Kampung 3R memiliki inovasi untuk merubah barang bekas menjadi barang berkelas, sementara Inovasi Kampung Toga adalah membuat produk olahan toga dan Taman Toga.

“Program Kampung 3R mendapat juara 3 kategori Pratama dalam lomba Pemukiman Berwawasan Lingkungan Gresik Bersih, Hijau dan Asri (BERHIAS) tahun 2017 dari Bupati Gresik. Sementara Kampung Toga mendapat penghargaan partisipasi masyarakat terbaik dalam Gresik berhias tahun 2016,” bangga Tomo yang telah menjabat Kepala Desa Doudo selama 3 periode.

Tomo menyebutkan, masih banyak program di Desa Doudo yang juga mendapat penghargaan. Mulai dari Kampung Sayur yang didalamnya masyarakat membuat demplot dan green house tanaman sayur, program Kampung Sicantik Cerdas dimana warga menerapkan gerakan satu rumah satu Jumantik, program Kampung Aloevera dimana warga memanfaatkan tananam Aloevera menjadi permen, puding, dan sari lidah buaya.

Program-program tadi diakui Tomo membuat branding Desa Doudo jadi meningkat signifikan. Belum lagi pendampingan Pertamina EP, membuat warga jadi memahami dan mengetahui banyak hal yang otomatis membuat Desa Doudo semakin baik dan dikenal halayak luas.

“Banyak sudah pendampingan yang diberikan Pertamina EP, beberapa diantaranya pengelolaan limbah organik, pelatihan pembuatan biopori, penggunaan Ipal komunal sebagai sarana mengelola air limbah, menata kawasan konservasi air, penggunaan apar sebagai sarana edukasi mitigas bencana, termasuk menyediakan infrastruktur mitigasi bencana dengan adanya jalur evakuasi,” beber Tomo.

Berkat tekad besar dari dirinya serta seluruh warga, ditambah lagi dengan dukungan Pertamina EP, kini Desa Doudo telah menjadi tempat wisata dan daerah tempat anak-anak mendapat edukasi.

Di sisi wisata jelas Tomo, di Desa Doudo sekarang terdapat flying fox, climb robe, bebek kayuh, dan kolam renang. Sementara untuk tempat menambah ilmu, terang Tomo, warga Desa Doudo kini bisa memberikan edukasi kepada pelajar terkait pengenalan jenis tanaman dan sayuran serta bagiannya, pengenalan media tanam, cara menanam, menanam sayuran, bagaimana membuat es krim olahan sayur, membuat olahan Aloevera, dan membuat pisang cokelat.

“Jangan salah, edukasi dan pelatihan buat orang dewasa juga ada, mulai dari pembuatan kompos, pembuatan Pupuk Organik Cair (POC), pembuatan ecoenzym, dan pembuatan pestisida nabati,” kata Tomo.

Di akhir sambutannya sebagai local Hero dalam Media Gathering Pertamina Regional Indonesia Timur Tahun 2024 di Four Point Hotel, Kota Bandung, Senin (3/6), Tomo merasa bangga dengan apa yang telah ia dan warga capai, sehingga Desa Doudo telah menjadi daerah yang berprestasi dan dikenal oleh lebih banyak orang karena prestasinya. Tidak lupa ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pertamina EP yang senantiasa mendukung dan mendampingi hingga Desa Doudo bisa menanggalkan kata kumuh dan memalukan.

Berikut penghargaan yang berhasil diraih Desa Doudo ;

Penghargaan (Kabupaten)

1. Juara Satu Lomba Pengelolaan HIPPAM dari Bupati PU Cipta Karya 2010.

2. Desa “OPEN DEFECATION FREE (ODF)” atas Prestasi Semua Masyarakat yang Telah Sadar Untuk Tidak Buang Air Besar di Sembarang Tempat dari Bupati Gresik 2014.

3. DESA SEHAT dari Bupati Gresik 2015.

4. PARTISIPASI MASYARAKAT TERBAIK” Kategori Berkembang dalam Lomba Pemukiman Berwawasan Lingkungan Gresik Bersih, Hijau dan Asri (BERHIAS) Tahun 2017 dari Bupati Gresik 2016 (Rt 02 Rw.01).

5. PENGELOLAAN LINGKUNGAN TERBAIK” Kategori Berkembang dalam Pemukiman Berwawasan Lingkungan Gresik Bersih, Hijau dan Asri (BERHIAS) dari Bupati Gresik. 2016 (Rt 04 Rw.02).

6. Juara 1 (Satu) dalam Penilaian Pelaksana Gotong Royong Terbaik Kabupaten Gresik 2016.

7. Juara 1 (Satu) Fashion Show Kostum Daur Ulang se-Kabupaten Gresik dari Mie Sedap 2017.

8. 100 KAMPUNG TERBAIK” Lomba Pemukiman Berwawasan Lingkungan Gresik Bersih, Hijau dan Asri (BERHIAS) 2017. (Rt 01B Rw 1).

9. 100 KAMPUNG TERBAIK” dalam Lomba Pemukiman Berwawasan Lingkungan Gresik Bersih, Hijau Dan Asri (BERHIAS) 2017. (Rt 01B dan 2 Rw 2).

10. JUARA 3” Kategori “PRATAMA” dalam Lomba Pemukiman Berwawasan Lingkungan Gresik Bersih, Hijau Dan Asri (BERHIAS) 2017 (Rt.03 Rw.02).

11. TERBAIK 1” LOMBA Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dalam KESATUAN GERAK PKK-KB-KESEHATAN GRESIK 2017.

12. BEST OF THE BEST”dalam Lomba Pemukiman Berwawasan Lingkungan Gresik Bersih, Hijau Dan Asri (BERHIAS) 2017 dari Bupati Gresik.

13. Titik pantau GRESIK KABUPATEN SEHAT KATEGORI SWASTISABA WIWERDA 2017.

14. Juara 1 (Satu) dalam LOMBA BUMDesa Tingkat KABUPATEN GRESIK 2017.

15. Penghargaan DESA DOUDO Sebagai Desa AKSES AIR BERSIH 100 % dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Gresik 2017.

16. DESA STBM (SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT) 5 PILAR Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik 2019.

17. DOUDO AGRO EDU GREEN VILLAGE SEBAGAI nominator Juara Kategori DAYA TARIK WISATA BUATAN” dalam ANUGERAH WISATA GRESIK 2021.

18. Juara 1 Lomba Karang taruna “Pilar Pilar Sosial Berprestasi” Kabupaten Gresik 2022.

Penghargaan (Provinsi)

1. Juara 2 Lomba Pengelolaan HIPPAM kategori Sederhana dari Gubernur Jawa Timur. 2011.

2. Juara 1 Lomba Pengelolaan HIPPAM kategori Menengah dari Gubernur Jawa Timur. 2012.

3. DESA/KELURAHAN BERSIH DAN LESTARI 2016 Kategori “Pratama” Gubernur Jawa Timur.

4. DESA/KELURAHAN BERSIH DAN LESTARI 2017 Kategori “Madya” dari Gubernur Jawa Timur.

5. DESA/KELURAHAN BERSIH DAN LESTARI 2018 Kategori “Mandiri” dari Gubernur Jawa Timur.

6. TERBAIK 1 LINGKUNGAN BERSIH DAN SEHAT (LBS) Dalam Lomba KESATUAN GERAK PKK-KB-Kes Tingkat Provinsi Jatim 2018.

7. Penghargaan KPSPAMS Award Kategori Widya Tirta Paripurna dalam Pencapaian 100 % Akses Air Minum dan Sanitasi dari Kepala Dinas Perumahan Pemukiman Cipta Karya 2021.

8. Penghargaan DESA WISATA DOUDO sebagai “Desa Wisata Cerdas Mandiri Sejahtera“ Provinsi

Jawa Timur 2022.

9. Juara 1 Lomba Karang taruna “Pilar Pilar Sosial Berprestasi” Provinsi Jawa Timur 2022

Penghargaan (Nasional).

1. Penghargaan GOLD dalam ISDA Awarding 2017 Kategori SDGs – 2 TANPA KELAPARAN / PILAR 1 PEMBANGUNAN SOSIAL Judul Program Tanaman Obat Keluarga (Peningkatan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Miskin) Dari Kementerian PPN/Bappenas.

2. Penghargaan SILVER dalam ISDA Awarding 2017 Kategori SDGs – AIR BERSIH DAN SANITASI LAYAK PILAR 3 PEMBANGUNAN LINGKUNGAN Judul Program Penciptaan Akses Terhadap Air Minum Atau Air Bersih dan Sanitasi Lingkungan Dari Kementerian PPN/Bappenas.

3. Juara 3 (Tiga) LOCAL HEROES PERTAMINA Kategori HIJAU Judul Program DOUDO EDU GREEN VILLAGE dari PERTAMINA Tahun 2017.

4. Indonesia Green Awards (IGA) 2018 kategori P ENYELAMATAN SUMBERDAYA AIR program MATA AIR DESAKU dari La Tofi School of CSR.

5. Indonesia Green Awards (IGA) 2018 kategori PENGEMBANGAN PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU Program NOL SAMPAH INKLUSI SOSIAL DAN PARTISIPASI PUBLIK SEJUTA MANFAAT dari La Tofi School of CSR.

6. Pakarti Utama 2 Lingkungan Bersih dan Sehat Tingkat Nasional Tahun 2018.

7. Desa Doudo sebagai PROGRAM KAMPUNG IKLIM Kategori UTAMA dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2018.

8. RW 2 Desa Doudo sebagai Lokasi PROGRAM KAMPUNG IKLIM Kategori UTAMA dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2019.

9. KEPALA DESA TERBAIK Kabupaten ODF dari Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat KEMENTERIAN KESEHATAN RI tahun 2020.

10. Penghargaan PAMSIMAS AWARD Ketegori PAMSIMAS dalam Pencapaian 100% Akses Air Minum dan Sanitasi dari Direktur Jenderal Cipta Karya KEMENTERIAN PUPR tahun 2021.

11. Penghargaan DESA WISATA DOUDO sebagai “ Peserta Desa Binaan Kemenparkraf RI “Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2021.

12. Penghargaan DOUDO DESA MANDIRI Dari KEMEDESPDTT 2022.

13. Penghargaan DESA DOUDO Finalis 10 Besar UNESA VILLAGE AWARD Dari KEMEDESPDTT 2022.*HMF

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds