Terkini

Tiga Kantor Utama Ini Akan Dibangun di Area Stadion Wombik

Kapabar – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya Mohammad Musa’ad mengatakan di area Stadion Wombik, Kilometer 16, Kota Sorong yang ditetapkan menjadi pusat pemerintahan Provinsi Papua Barat Daya akan dibangun tiga kantor utama.

“Tiga kantor utama yang akan dibangun tersebut yakni Kantor Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi (DPRP) Papua Barat Daya dan Kantor Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat Daya diatas lahan seluas 90 hektare,” kata Musa’ad dalam sambutannya, saat kunjungan kerja Ketua dan Anggota Komisi II DPR RI dan Wamendagri ke Kota Sorong, Senin 27 Mei 2024.

Dikatakan Musa’ad, dari lahan seluas 90 hektare, 55 hektare telah tersertifikat serta 35 hektare masih dalam tahap proses pengurusan sertifikat.

“Semua dokumen telah kami selesaikan, dokumen Masterplan hingga AMDAL. Selama ini, kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk mempersiapkan semua hal-hal yang berkaitan dengan pembangunan pusat pemerintahan Papua Barat Daya,” ungkap Musa’ad.

Selain tiga kantor utama, sambung Musa’ad, nantinya di lahan tersebut dibangun rumah susun (rusun) yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal atau hunian pegawai.

“Kemudian, nanti disini juga akan dibangun Kantor Bank Indonesia serta Kantor BPKP. Sehingga selain bangunan kantor utama, terdapat bangunan lainnya seperti rusun, Kantor BI dan Kantor BPKP,” jelas Musa’ad.

Musa’ad merincikan, dalam pusat pemerintahan tersebut terdapat lima aspek penting didalamnya mulai dari desain yang modern, tetap mengedepankan budaya, bangunan bersifat green dan ruang terbuka bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan fasilitasnya dan bersifat ekonomis.

“Kami menargetkan pembangunan akan dilakukan dalam beberapa bulan kedepan. Namun, tempat ini masih bisa digunakan sebagai fasilitas olahraga selama belum ada aktivitas pembangunan, olehnya kami mohon bantuan dan dukungan agar pembangunan di Papua Barat Daya berjalan dengan baik,” kata Musa’ad.

Sementara itu, Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Ahmad Doli Kurnia menyampaikan, kunjungannya ke Kota Sorong merupakan yang kedua dalam rangka meninjau dan memonitor perkembangan Daerah Otonom Baru (DOB) di Tanah Papua.

“Kami, Komisi II DPR-RI sepakat dengan Kemendagri, sebelum menyelesaikan tanggungjawab periode 2019-2024, tentu buah hasil kerja sama melahirkan empat DOB di Tanah Papua, kami ingin memastikan pemerintahan baru ini bisa berjalan dengan baik,” terang Ahmad Doli. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds