Terkini

Dorong Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Bank Indonesia Adakan Torang Creative and Ecotourism Festival 2024

Kapabar – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua Barat bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dan Papua Barat Daya mengadakan Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 yang dilangsungkan di Lapangan Kantor Walikota Sorong, Remu Utara, pada tanggal 18-19 Mei 2024.

Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 mengusung tema “The Spirit of Tanah Papua Fostering Inclusive Growth Promoting Creative Economy and Sustainable Tourism” tersebut bertujuan untuk mendorong pertumbuhan inklusif dan mendorong ekonomi kreatif serta pariwisata berkelanjutan di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Deputi Kepala Perwakilan BI Papua Barat Roni Cahyadi mengatakan, Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 merupakan wujud sinergi dan kolaborasi BI Papua Barat dengan Pemprov Papua Barat dan Papua Barat Daya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan pariwisata.

“Seperti yang diketahui Papua Barat dan Papua Barat Daya itu memiliki potensi yang besar baik dari sektor ekonomi kreatif maupun sektor pariwisata,” kata Roni keparda awak media saat Media Briefing di Aston Sorong Hotel and Conference Center, pada Rabu 15 Mei 2024.

Dikatakan Roni, dalam Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 tersebut akan diisi dengan pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), fashion show by Batik Kasuari, ecotourism corner, talkshow, business matching, kuis interaktif, atraksi budaya, fun walk, sosialisasi dan edukasi, doorprize dan zumba.

“Kami juga telah memberikan edukasi bagi UMKM mengenai pengelolaan usaha yang efektif, kemudian cara memasarkan produk secara digital sehingga dapat memberikan dampak bagi usaha bagi UMKM baik di Papua Barat ataupun Papua Barat Daya,” jelas Roni.

Diakui Roni, beberapa kegiatan yang telah dilakukan BI Papua Barat penyelenggaraan kurasi bagi UMKM pada tanggal 26 Maret 2024. Kurasi tersebut diselenggarakan secara serentak di Kota Sorong dan Kota Manokwari.

“Kurasi tersebut telah diikuti oleh 180 UMKM yang direkomendasikan oleh Pemprov Papua Barat dan Papua Barat Daya serta beberapa UMKM lainnya yang ikut mendaftar secara suka rela. Dari 180 UMKM ini, 67 UMKM berasal dari Papua Barat dan 113 UMKM berasal dari Papua Barat Daya,” rinci Roni.

Roni menjelaskan, dari hasil kurasi yang dilakukan BI Papua Barat di Kota Sorong dan Kota Manokwari, telah terpilih 50 UMKM, dimana 50 UMKM tersebut terdiri dari 18 UMKM dari Papua Barat 32 UMKM dari Papua Barat Daya.

“50 UMKM ini sudah melalui pendidikan dan pelatihan sejak tanggal 2 April 2024. Pada tanggal yang sama, 50 UMKM sudah berhasil memboarding sehingga telah memasarkan produknya di aplikasi Marketplace,” terangnya.

Dia menuturkan, pada Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 itu juga dilaksanakan berbagai lomba mulai dari Photo Competition, E-sport Mobile Legends, Video Competition, Karya Jurnalistik dan Dance.

“Berbagai lomba itu dapat diikuti oleh seluruh masyarakat di Papua Barat dan Papua Barat Daya, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, kami punya penampilan spesial dari penyanyi dan musisi Mario G Klau dan Wizz Baker yang akan memeriahkan Torang Creative and Ecotourism Festival 2024,” katanya.

Ia berharap, Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 dapat menjadi event tahunan di Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya. Kemudian mampu menjadi katalisator mendorong pertumbuhan UMKM, ekonomi kreatif dan pariwisata di daerah. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds