Pendidikan

Pemprov PBD dan SEARCH Siap Jalin Kerjasama Pengembangan Program Bis Gemas

Kapabar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat Daya siap menjalin kerjasama dengan Southeast Asia Research Centre for Humanities atau SEARCH dalam rangka pengembangan program Beasiswa Generasi Emas (Bis Gemas).

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad menyambut baik kedatangan tim SEARCH di Kota Sorong karena sebagai provinsi yang baru, Papua Barat Daya membutuhkan kerjasama pemerintah dengan berbagai lembaga mitra pembangunan dari nasional maupun internasional.

“Kedatangan SEARCH sangat tepat karena Provinsi Papua Barat Daya akan menjadi HUB distribusi logistic seluruh tanah Papua,” kata Musa’ad kepada Kapabar usai rapat bersama SEARCH di Rylich Panorama Hotel pada Rabu 27 Maret 2024.

Dikatakan Musa’ad, Papua Barat Daya kaya akan sumber daya alam sehingga membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang banyak dalam jumlah dan kualitas yang mumpuni untuk pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA).

Hadir dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Papua Barat Daya George Yarangga mengatakan, dengan adanya kedatangan SEARCH ke Kota Sorong menunjukkan komitmen nyata mereka untuk mendukung program Bis Gemas.

“Sehingga program itu kedepannya berjalan dengan baik,” tandas mantan Penjabat (Pj) Wali Kota Sorong tersebut.

Sementara itu, Director SEARCH Yvonne Tiew Mei Yi menuturkan, SEARCH merupakan organisasi yang berasal dari Malaysia dan China merupakan intelektual yang independen serta berwawasan luas kedepan yang berfokus pada Pemerintah, Industri, Akademis” yang didedikasikan untuk mempromosikan kolaborasi multilateral dibawah jaringan perdagangan bebas regional.

“Tujuan kedatangan SEARCH adalah untuk membangun Kerjasama dalam pengembangan program Bis Gemas bagi putra putri asli Papua dalam bidang pendidikan, pelatihan dan penelitian. Kerjasama pun dalam bidang pariwisata dan pembangunan di bidang Kesehatan,” ujar Yvonne Tiew Mei Yi.

Yvonne Tiew Mei Yi menambahkan, SEARCH juga siap membangun kerjasama dalam bidang penelitian yang berhubungan dengan potensi sumber daya alam Papua Barat Daya.

Senada dengan Yvonne Tiew Mei Yi, Direktur Indonesia Education Development Dr. Roden Xui Ruiteng siap mendukung program Bis Gemas dengan menempatkan calon siswa Orang Asli Papua (OAP) Papua Barat Daya di berbagai universitas di China dalam bidang Pariwisata, Kesehatan, Teknik, Sains dan teknologi sesuai dengan kebutuhan pembangunan Papua Barat Daya. 

Sebagai informasi, launching Center for Education and Development Bis Gemas akan dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2024 atau bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds