Terkini

Pj Gubernur Musa’ad Serahkan Bantuan Pangan Kepada 78.812 KPM

Kapabar – Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad menyerahkan bantuan pangan berupa beras 10 kilogram kepada 78.812 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah Provinsi Papua Barat Daya secara simbolis di Pendopo Alun-Alun Aimas, Kabupaten Sorong, Rabu 6 Maret 2024.

Musa’ad mengatakan, bahwa beberapa waktu lalu terjadi gejolak harga untuk sejumlah komoditas di pasar terutama pangan atau sembako.

“Ini sebenarnya hal yang biasa. Kalau harga itu stabil terus tidak bagus, kalau harga itu turun juga tidak bagus, jadi harga harus naik turun sesuai dengan dinamikanya. Kalau begitu artinya perekonomian kita sedang bertumbuh,” kata Musa’ad.

Diakui Musa’ad, di negara Indonesia tidak menganut paham pasar secara utuh. Namun, selain negara para pejuang juga sebagai negara konsumen serta produsen.

“Kalau kita seperti di Singapura yang tidak menghasilkan apa-apa. Tidak punya sawah, kebun, nelayan, sehinga mereka negara yang memikirkan berdagangan bisa berhasil,” terang Musa’ad.

Sementara itu, Kepala Bulog Cabang Sorong Sri Ariandina menyebutkan, bantuan pangan tersebut merupakan penugasan dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Badan Pangan Nasional (BPN) dan Perum Bulog untuk menyalurkan kepada 22.004.007 KPM di seluruh Indonesia.

“Data KPM ini, bersumber dari data P3KE yaitu Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim yang diperoleh oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan,” kata Sri.

Sri mengungkapkan, setiap KPM akan menerima 10 kilogram beras selama 6 bulan alokasi, yaitu alokasi bulan Januari-Juni 2024. Penyalurannya dibagi dua tahap yakni Tahap I untuk penyaluran bulan Januari-Maret, sedangkan Tahap II untuk penyaluran bulan April-Juni.

“Untuk itu, setiap tahapan penyaluran kami harus menyediakan beras sebanyak 788.120 kilogram x 3 bulan = 2.364.360 kilogram atau 2.364,36 ton beras. Sedangkan 6 bulan = 4.728,72 ton beras,” pungkasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds