Terkini

KPU Papua Barat Daya Tunda Pleno Rekapitulasi

Kapabar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Daya menunda rapat pleno rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 untuk tingkat Provinsi Papua Barat Daya.

Dimana, direncanakan pleno digelar pada 6 Maret 2024 digeser pada 7 Maret 2024 lantaran beberapa kabupaten belum menyelesaikan rapat pleno di tingkat kabupaten.

Ketua KPU Papua Barat Daya Andarias Kambu mengatakan, penundataan ini terjadi karena KPU Kabupaten Tambrauw, Kota Sorong dan Kabupaten Maybrat belum selesai melakukan rekapitulasi tingkat kabupaten-kota.

“Alasan penundaan pelaksanaan pleno rapat rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tingkat KPU Provinsi Papua Barat Daya direncanakan itu pada 6 sampai dengan 8 Maret mengalami pergeseran atau perubahan waktu ke tanggal 7 sampai 10 Maret 2024,” kata Andarias kepada Kapabar, Rabu (6/3/2024).

Dikatakan Andarias, jika pada 7 Maret 2024 terdapat kabupaten-kota di Papua Barat Daya belum selesai melakukan pleno rekapitulasi, maka kegiatan pleno tingkat provinsi akan tetap melakukan dengan mengakomodasi kabupaten-kota yang telah selesai, sambil menunggu lainnya.

Menurut Andarias, kabupaten yang telah menyelesaikan tahapan pleno rekapitulasi terdiri dari Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Tambrauw.

“Berarti kita akan lakukan untuk kabupaten yang sudah sehingga dipastikan rapat pleno akan tetap berjalan sesuai dengan jadwal,” katanya.

Diakuinya, alasan lain pergeseran pleno tingkat provinsi adalah berkaitan dengan tempat penyelenggaraan pleno rekapitulasi.

“Provinsi sudah melakukan kerja sama dengan pihak manajemen Hotel Vega untuk melaksanakan rapat pleno terbuka pada waktu yang telah ditentukan namun KPU Kota Sorong juga menggunakan hotel yang sama, sehingga kita harus menunggu,” ujarnya.

Ia berharap, KPU Kota Sorong segera menyelesaikan pleno rekapitulasi supaya KPU Provinsi Papua Barat Daya bisa menggunakan fasilitas hotel yang sama.

“Makanya kita harus pastikan Kota Sorong segera selesai supaya kita bisa melakukan pleno rekapitulasi tingkat provinsi,” ujarnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds