Uncategorized

BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi KKBC di Pasar Modern Rufei

Kapabar – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat mengadakan sosialisasi bernama Kerja Keras Bebas Cemas (KKBC) atau aktivasi pasar di Pasar Modern Rufei, Tempat Garam, Sorong Barat, Kota Sorong, Selasa (19/12).

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat Nasrullah Umar mengatakan, bahwa KKBC berupa sosialisasi tentang jaminan sosial ketenagakerjaan agar tidak terjadi kecemasan bila terjadi resiko yang menimpa pekerja.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia, agar masyarakat pekerja dapat diberikan literasi atau pengetahuan bagaimana manfaat tentang BPJS Ketenagakerjaan secara lebih dalam,” ujar Nasrullah kepada awak media.

Dikatakan Nasrullah, melalui kegiatan itu, BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk seluruh kalangan pekerja, termasuk pekerja yang beraktivitas di pasar.

“Karena sama-sama kita pahami bahwa, siapapun yang ada di pasar ini, itu 99 persen mereka pekerja yang notabenenya berada dalam kalangan menengah kebawah, seperti pengunjung hingga pedagang. Kami sudah pastikan kalau mereka mempunyai resiko kerja yang tidak pernah tahu kapan terjadi,” ungkap Nasrullah.

Menurut Nasrullah, bagi pedagang di pasar dan seluruh kalangan masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan cukup dengan mendaftarkan diri dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Kami punya perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) atau sekaligus dengan tabungan. Kalau untuk JKK dan JKM itu sendiri, iurannya hanya Rp 16.800 per orang per bulan. Kalau ingin menambahkan tabungan, maka ditambah Rp 20.000 setiap bulan, sehingga totalnya Rp 36.800 mendapatkan JKK serta JKM plus Jaminan Hari Tua (JHT),” rincinya.

Ia menambahkan, khusus untuk JHT peserta diberikan kebebasan dalam mencairkan tabungannya jika sudah tidak bekerja lagi. Misalnya, dalam waktu setahun, peserta ingin mengambil JHT atau yang ditabung, dipersilahkan dengan membawa persyaratan. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds