Ekonomi Bisnis

Coto Mangkasara Tawarkan Berbagai Menu

Kapabar – Coto merupakan hidangan tradisional dari Suku Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Resepnya pun dikembangkan secara turun-temurun oleh suku Makassar di beberapa kota nusantara termasuk di Kota Sorong, Papua Barat Daya.

Di Kota Minyak-julukan Kota Sorong, terdapat sebuah warung coto bernama Coto Mangkasara yang menawarkan berbagai menu mulai dari Dansa, Parto, Janda, Janda Hot, Janda Panas, Coto Gado-Gado, Tanpa Perasaan, Coto Halija, Coto Jahat, Coto Pjabat, Coto Telanjang dan lain-lain.

“Misalnya, Dansa itu daging saja, Parto itu paru to’, Coto Tanpa Perasaan itu tidak pakai hati, Coto Telanjang itu tidak pakai handuk atau babat, begitu,” ujar Owner Coto Mangkasara Syarifuddin atau yang akrab disapa Pa’ Daeng kepada awak media di Jalan Basuki Rahmat, Km.8 atau samping Prudential, Kota Sorong, Senin (4/12).

Dikatakan Pa’ Daeng, sejak tahun 2012, Coto Mangkasara telah buka di Kota Sorong tepatnya di depan Kompleks BTN, Kilometer 9.  Sekitar lima bulan di BTN, warungnya pindah ke samping Polsek Sorong Timur (Sortim).

“Kurang lebih berjalan tiga tahun sebelum akhirnya pindah lagi ke depan STM Sorong. Disana kami sembilan tahun, karena tanahnya mau digunakan, kami akhirnya pindah ke Kilometer 8 dan Alhamdulillah bisa kami buka hari ini,” jelas Pa’ Daeng.

Pa’ Daeng mengakui, dalam mengolah menu coto, warung miliknya menggunakan daging sapi lokal Sorong yang masih terjamin kualitasnya.

“Namun yang membedakan kami dengan tempat lain itu dari segi sambalnya menggunakan tauco dari Makassar dan panci berbahan tanah liat,” ungkap Pa’ Daeng.

Pa’ Daeng menyebutkan, untuk menikmati menu Coto Mangkasara, pelanggan cukup merogoh kocek Rp 20 ribu mangkuk kecil dan Rp 35 ribu mangkuk besar per porsinya.

“Nanti pelengkapnya kami punya ketupat dan buras. Disini kami buka setiap hari Senin-Minggu pukul 7.00-17.00 WIT. Saya harap, usaha coto ini diterima masyarakat agar bisa eksis dalam jangka waktu lama,” pungkasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds