Ekonomi Bisnis

Telkomsel Gelar Ratusan BTS Baru di Papua dan Maluku

Kapabar – Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia berkomitment untuk menciptakan akses jaringan berteknologi terdepan yang merata di seluruh wilayah populasi di Tanah Air.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan menggelar 800 lebih BTS 4G LTE baru di wilayah Papua dan Maluku sepanjang tahun 2023.

Fokus pembangunan 4G LTE tahun ini juga sebagai wujud konsistensi meningkatkan kapasitas dan kecepatan, serta kenyamanan stabilitas akses guna memenuhi kebutuhan pelanggan terhadap gaya hidup digital.

General Manager (GM) Network Operations and Productivity Telkomsel Regional Maluku dan Papua, Agus Sugiarto mengatakan, Telkomsel terus berusaha mewujudkan komitment Telkomsel untuk mengakselerasikan pertumbuhan jaringan broadband 4G LTE yang agresif guna mendukung ekosistem gaya hidup digital.

Sepanjang tahun 2023 ini, tercatat terjadi peningkatan trafik data sekitar 20.4% dibanding tahun lalu (YtD).
Peningkatan trafik tersebut kemudian diiringi degan perluasan dan peningkatan kapasitas jaringan 4G LTE di wilayah Papua dan Maluku.

“Penambahan BTS 4G LTE yang kami lakukan adalah bagian dari upaya kami memastikan terpenuhinya kebutuhan gaya hidup digital pelanggan yang semakin dinamis,” kata Agus seperti yang dikutip dalam pre rilis Telkomsel.

Penambahan ratusan BTS 4G LTE terbaru yang dilakukan Telkomsel bertujuan memperluas jangkauan dan memperkuat sinyal terutama untuk pelanggan di dalam rumah atau gedung.

Dengan implementasi tersebut, Telkomsel kini semakin memperluas jangkauan layanan 4G LTE yang mencapai lebih dari 90% wilayah populasi di seluruh kota/kabupaten yang ada di Papua dan Maluku.

Keseriusan Telkomsel melakukan perluasan infrastuktur serta upgrade teknologi jaringan dari sisi kapasitas maupun kecepatan merupakan wujud nyata merespon semakin tingginya adopsi serta minat masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan gaya hidup digital masyarakat, terutama akses layanan sosial media, video streaming, mobile gaming, hingga kebutuhan melayani transformasi digital sektor industri.

Sementara itu, secara nasional, Telkomsel merupakan leading digital telco company terdepan. Hal ini ditunjukkan dengan penghargaan yang diraih Telkomsel pada ajang Ookla® Speedtest Awards™ untuk periode Januari – Juni 2023 di kategori Best Mobile Network, Best Mobile Coverage, Fastest Mobile Network, Top-Rated Mobile Network, Best Mobile Video Experience,dan Best Mobile Gaming Experience.

Dalam laporan Ookla periode Januari – Juni 2023, Telkomsel mengukuhkan posisinya pada kategori Best Mobile Coverage dengan capaian coverage score 887, di mana pada kategori tersebut Telkomsel dinilai sebagai operator yang memiliki cakupan infrastruktur yang merata dan mampu menyediakan konektivitas yang andal, bahkan di daerah-daerah dengan tantangan geografis, di mana sekira 98,00 persen pelanggan telah terlayani oleh jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel.

Selain itu untuk kategori Fastest Mobile Network Telkomsel memiliki kecepatan akses broadband tertinggi di Indonesia dengan capaian Speed Score 35.33 yang menghadirkan rata-rata kecepatan download 26,74 Mbps dan kecepatan upload 12,98 Mbps.

Capaian terbaik pada dua kategori tersebut menempatkan Telkomsel sebagai peraih predikat di kategori Best Mobile Network untuk ketiga kalinya, di mana semakin menegaskan konsistensi Telkomsel sebagai connectivity enabler yang mampu menghadirkan konektivitas tercepat dengan cakupan jaringan terluas di Indonesia.

Telkomsel juga unggul untuk kategori Best Mobile Video Experience dengan meraih Video Score 69.92, hal ini menunjukan bahwa Telkomsel senantiasa memastikan pelanggan dapat menikmati konten video dengan lancar melalui jaringan broadband berteknologi terdepan yang andal dan berkualitas tinggi.

Pada kategori Best Mobile Gaming Experience dengan capaian Game Score 76.45 menunjukkan bahwa pelanggan Telkomsel merasakan pengalaman bermain mobile game yang berkualitas dengan dukungan koneksi stabil dan latensi yang rendah.

Sedangkan pada kategori Top-Rated Mobile Network, dengan meraih rating 3.8, menempatkan Telkomsel pada peringkat pertama sebagai operator yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button