Uncategorized

BPJS Kesehatan Kepwil XII Berikan Penghargaan Badan Usaha Se-Papua

Kapabar – BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah XII memberikan penghargaan kepada 4 Badan Usaha dengan 5 Kategori yakni Badan Usaha Patuh Bayar, Badan Usaha Dengan Pemanfaatan E-Dabu Terbaik, PIC Badan Usaha Terbaik, Pekerja Download Mobile JKN Terbanyak dan Badan Usaha CSR di wilayah Kantor Cabang BPJS Kesehatan Se Kedeputian Wilayah XII.

Badan Usaha Award merupakan ajang penyerahan apresiasi penghargaan kepada badan usaha yang kooperatif mendaftarkan seluruh pekerja beserta anggota keluarganya, tepat waktu dalam membayarkan iuran, persentase pekerja mengunduh Aplikasi Mobile JKN terbesar, badan usaha dengan pemanfaatan edabu terbaik serta berdedikasi kuat dalam membangun awareness tentang Program JKN terhadap masyarakat sekitar.

Deputi Direksi Wilayah XII BPJS Kesehatan, Mangisi Raja Simarmata dalam sambutannya menyampaikan kegiatan Badan Usaha Award merupakan salah satu upaya strategis dalam meningkatkan engagement dengan Badan Usaha untuk menjaga keberlangsungan hubungan kemitraan yang baik dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) khususnya di wilayah Tanah Papua.

“Jumlah Badan Usaha di Wilayah Tanah Papua yang telah menjadi peserta JKN Per 25 Agustus 2023 sebanyak 5.521 dengan jumlah pekerja sebanyak 110.273 jiwa dan sebanyak 133.359 jiwa jumlah anggota keluarga sehingga total keseluruhan sebanyak 243.632 jiwa dengan 4,8% kontribusi dari segmne Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU), sedangkan untuk fasilitas kesehatan yang telah bekerjasama sebanyak 780 FKTP, 52 FKRTL dan 21 Optik,” ujar Mangisi seperti yang dikutip dalam pres rilis Jamkesnews, Jumat (1/9).

Mangisi menambahkan, dalam rangka upaya peningkatan transformasi mutu layanan BPJS Kesehatan terus berinovasi salah satunya adalah dengan memberikan kemudahan kepada peserta JKN melalui Aplikasi Mobile JKN.

“Dimana peserta bisa melakukan perubahan data, fasilitas kesehatan, pengaduan, chat dengan dokter sampai mendapatkan antrean online hanya cukup dengan satu Aplikasi Mobile JKN. Selain itu, disampaikan juga tidak melakukan pembatasan hari rawat inap Pasien (sesuai indikasi medis),” papar Mangisi.

“Kami mohon Badan Usaha agar terus meningkatkan kepatuhan dalam hal pendaftaran peserta, pembayaran iuran, himbauan kewajiban untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN, membayar iuran kepada pekerja yang sebelumnya memiliki tunggakan melalui program REHAB dan Skrining Riwayat Kesehatan,” ungkap Mangisi.

Sementara itu, dalam kegiatan Badan Usaha Award ini yang mendapatkan Penghargaan tingkat BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah XII adalah dari PT Freeport Indonesia.

PT Freeport yang diwakili oleh Superinted Human Resources Information System PT Freeport Indonesia (PIC Badan Usaha yang berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Jayapura), Heru Kartoso menyampaikan terimakasih atas penghargaan yang diberikan kepada PT. Freeport Indonesia.

“Kami sangat menghargai penghargaan serta dukungan dan inovasi yang di lakukan oleh BPJS Kesehatan, terutama untuk Aplikasi e-Dabu yang sekarang memudahkan kami dalam proses pendaftaran dan penonaktifan kepesertaan untuk pekerja. Selain itu, Aplikasi Mobile JKN yang juga bisa diakses dan dimanfaatkan secara langsung oleh seluruh peserta JKN,” ujar Heru.

Heru menambahkan, PT Freeport Indonesia juga akan terus berkomitmen dan mendukung Program JKN khususnya memberikan jaminan pelayanan kesehatan kepada seluruh pekerja dan anggota keluarga.

Selain itu, salah satu Badan Usaha yang hadir dalam kegiatan Direktur Utama PDAM Jayapura, Entis Sutisna mengapresiasi kegiatan Badan Usaha Award BPJS Kesehatan yang dilaksanakan sebagai apresiasi kepada Badan Usaha yang telah berkontribusi dan mendukung Program JKN didaerah. Selain itu, Entis juga menyampaikan kesannya terkait dengan Aplikasi Mobile JKN.

“Aplikasi Mobile JKN sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi yang dilakukan secara digitalisasiSaya sendiri sudah mengunduh Aplikasi Mobile JKN. Fitur yang ada salah satunya adalah KIS Digital yang dapat digunakan saat berobat ketika tidak membawa kartu fisik BPJS Kesehatan. Secara keseluruhan saya pun mengajak masyarakat untuk dapat mengunduh Aplikasi Mobile JKN,” kata Entis.

Kegiatan Badan Usaha Award juga diisi dengan penyampaian materi dari Dokter Praktek Keluarga (DPP) dr. Riestiyani Manuputty, yang menyampaikan terkait denagn Kesehatan Kerja bagi Pekerja. *RON

6 Badan Usaha Wilayah Sorong Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Sedangkan, untuk wilayah Sorong, dalam kegiatan Badan Usaha Award ini yang mendapatkan Penghargaan tingkat BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah XII adalah PT Henrison Inti Persada, PT Vega Bintang Abadi, CV Citra Bagas Perkasa, LKP Bimbingan Belajar dan Kursus Rumah Sukses, Putera Mangunggal Perkasa PT, Berkat Bangunan Toko. */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button