Uncategorized

BPJS Kesehatan dan RSAL dr. R Oetojo “Ngopi Bersama”

Kapabar – Untuk memberikan informasi yang merata kepada masyarakat Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Sorong mengadakan NGOPI atau Ngobrol Online Program JKN bersama pihak Rumah Sakit Angkatan Laut dr. R Oetojo Sorong, yang kali ini dibawakan langsung oleh Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) dr. Adventy Nahan, Sp.B lewat media sosial Instagram melalui siaran langsung, Kamis (10/8).

“Program NGOPI merupakan inovasi dari Kantor Cabang Sorong, yang rutin dilakukan untuk mengenal lebih dekat pelayanan Kesehatan di fasilitas kesehatan kepada masyarakat. Medianya melalui media sosial seperti zoom, siaran langsung di Instagram atau Facebook dan dibuka secara umum,” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Gilang Yoga Wardanu kepada Kapabar melalui rilis Jamkesnews, Rabu (23/8).

Pria yang akrab disapa Yoga ini menjelaskan, dalam ngobrol online tersebut membahas pelayanan kesehatan apa saja yang diberikan di Fasilitas Kesehatan serta berbagai alur dan prosedur yang memudahkan peserta JKN yang ingin berobat.

“Jadi dalam ngobrol online tersebut membahas terkait transformasi mutu layanan Program JKN yaitu mudah, cepat dan setara yang dapat dirasakan oleh peserta JKN. Mudah yaitu kemudahan saat berobat cukup tunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang menjadi identitas tunggal, jadi peserta JKN tidak perlu lagi membawa berkas yang difotocopy. Cepat, kini peserta JKN tidak perlu menunggu lama karena telah disediakan kanal layanan untuk memperpendek waktu tunggu dengan pemanfaatan sistem antrean online melalui Mobile JKN, serta Setara yaitu tidak adanya iur biaya maupun diskriminasi kepada pasien JKN,” terang Yoga.

Pada NGOPI itu, cukup mendapat perhatian masyarakat dengan membanjiri pertanyaan terkait pelayanan di Rumah Sakit dr. R Oetojo Sorong serta tidak sedikit pula yang memuji komitmen pihak fasilitas Kesehatan dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di wilayah Sorong Raya.

“Masyarakat cukup antusias, kami pelan-pelan rutinkan Program NGOPI ini, sehingga informasi seputar Program JKN lebih tepat sasaran selain sosialisasi ke lapangan langsung, melalui media sosial ini cukup efektif,” timpalnya.

Tak lupa, dia juga memberikan apresiasi kepada pihak RSAL terkait ketersediaan sistem penanganan pengaduan yang mewadahi peserta JKN sebagai bahan evaluasi untuk pelayanan di Fasilitas
Kesehatan, yang dikelola dengan optimal. Sehingga, pelayanan Kesehatan di RSAL terus berupaya menjadi lebih baik lagi.

“Ngobrol Online ini sangat membantu untuk pemberian informasi bagi masyarakat, juga sebagai promosi untuk pelayanan Kesehatan pihak Rumah Sakit kami. Semoga kedepannya ada NGOPI-NGOPI lagi ya, agar informasi terkait Program JKN terkhusus pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan tersampaikan secara baik kepada masyarakat. Terima kasih juga sudah memberikan kesempatan kepada kami, sebagai mitra kerja BPJS Kesehatan dalam NGOPI ini,” kesan dr. Adventy Nahan, Sp.B setelah siaran langsung ngobrol online itu.

Kedepannya juga membahas pihak RSAL akan menghadirkan Pojok Mobile JKN, yang memberikan akses kemudahan peserta JKN yang berada di Fasilitas Kesehatan untuk mengenal aplikasi Mobile JKN yang dapat memudahkan akses Program JKN mulai registrasi akun hingga pengenalan fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan.

Keberadaan Pojok Mobile JKN ini dapat memberikan kemudahan kepada para pasien khususnya adalah kepada Peserta JKN yang sedang berobat di Rumah Sakit dengan berbagai kemudahan yang diberikan aplikasi Mobile JKN seperti kartu digital, pengambilan nomor antrean pelayanan Kesehatan, cek status kepesertaan, permintaan informasi atau pengaduan hingga perubahan data Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button