Terkini

Jelang HUT RI, Penjabat Wali Kota Sorong Kukuhkan Paskibraka

Kapabar – Menjelang Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78, Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023, sejumlah 40 orang Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Sorong dikukuhkan oleh Penjabat (Pj) Walikota Sorong, George Yarangga yang berlangsung di Gedung Lambert Jitmau, Selasa (15/8).

Dalam pengukuhan Paskibra itu, ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji oleh Pj Walikota Sorong dengan disaksikan Danrem 181/PVT, Pimpinan DPRD Kota Sorong, Kejari Sorong, Kapolresta Sorong Kota, Dandim 1802/Sorong, Ketua Pengadilan Negeri Sorong, Penjabat Sekda Kota Sorong, Para Asisten dan Staf Ahli Walikota, Pimpinan OPD, Para Kepsek Anggota Paskibraka, dan Orangtua Paskibraka.

Pj Walikota Sorong menyampaikan, selamat kepada 40 Paskibraka yang baru saja dikukuhkan semoga dengan amanah dan kehormatan yang diberikan dapat dijalankan dengan baik dan sukses menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai pengibar bendera pada HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023.

“Pengukuhan ini adalah awal dari perjuangan ananda sekalian yang tidak boleh berhenti seiring dengan berakhirnya Momentum peringatan HUT ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan dilaksanakan tanggal 17 Agustus 2023,” kata Yarangga.

Dikatakan Yarangga, jiwa nasionalisme, patriotisme, kepeloporan serta kepemimpinan yang terbentuk harus dijadikan sebagai bagian dari kepribadian yang senantiasa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai putra-putri pilihan, kalian harus mampu memberikan energy positif bagi generasi muda lainya serta masyarakat. Tumbuhkanlah semangat membangun bangsa, Memajukan negeri, membanggakan Kota Sorong, melalui kontribusi-kontribusi positif di masa depan,” jelas Yarangga.

Tak lupa, Yarangga juga mengucapkan terima kasih dan apreseasi kepada para orang tua Paskibraka yang tanpa lelah senantiasa mendoakan, mendorong dan memotivasi anak-anaknya sehingga mampu bertahan dalam alur proses seleksi dan latihan yang sangat berat sehingga dapat dikukuhkan.

“Kepada pembina, pembimbing, pelatih dan panitia, saya juga menyampaikan penghargaan serta mengucapkan Terima kasih atas segala jeri payah serta kesabaran dalam membimbing putra-putri terbaik Kota Sorong ini untuk menjadi Anggota Paskibraka HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkapnya.

Dia berharap, kepada seluruh Paskibraka dapat menanamkan dalam hati prinsip rela berkorban demi demi keutuhan Bangsa dan Negara Republik Indonesia, harumkan nama keluarga, masyarakat, daerah bangsa dan negara.

Dalam pengukuhan itu, berikut nama-nama petugas yang bertindak sebagai :

– Komandan Upacara pada pengibaran bendera, Kapten Infantri, Adam Tunnyanan, lahir di tual 06 juni 1968, Lulusan secapa reguler tahun 2008, Abituren Tamtama Milsuk 1987, jabatan Wakil Komandan Koramil 1802-01/Sorong Timur, Kodim 1802/Sorong.

– Bertindak sebagai Cadangan Komandan upacara, Kapten Infanteri Samuel Tamaela, Lahir si Ambon 06 februari 1976, lulusan secapa reguler tahun 2012, Abituren Bintara PK 1998, jabatan wakil Komandan Koramil 1802-02/Sorong Barat, Kodim 1802/Sorong.

– Bertindak sebagai Perwira Upacara, Kapten Infanteri Tatang Wahyudi, lahir di Sumedang 30 maret 1977, Lulusan Secapa Reguler tahun 2012 Abituren Bintara PK 1998, Jabatan Perwira Seksi personil Kodim 1802/Sorong.

– Bertindak sebagai cadangan perwira upacara, Letnan Satu Infanteri Yusri Sunir, lahir di Salubutu 27 Oktober 1976, lulusan secara reguler tahun 2016 Abituren PK 1998, Jabatan Perwira Sandi Kodim 1802/Sorong.

– Bertindak sebagai Komandan Pasukan pengibar bendera pusaka, Letnan II Infanteri Ahmad Khairuddin Str. Han, Alumni akademi Militer abituren 2019, lahir di Aceh 22 September 1994. jabatan Komandan Peleton bantuan kompi senapan A Yonif Raider Khusus 762/Vira Yuda Sakti.

– Bertugas sebagai Komandan Kelompok 17, Misael Jabu, pelajar dari SMA Negeri 1 Kota Sorong.

– Bertugas sebagai Pembawa Kaki Utama, Angelina Gracela Susana Rayar, pelajar dari SMA Negeri 3 Kota Sorong.

– Bertugas sebagai Pembawa Baki Cadangan, Febiola Claudia Dasem, pelajar dari SMK Negeri 1 Kota Sorong.

Petugas Penggerek Bendera :

– Bertugas sebagai penarik tali, Martin Markus Andirao Kabuare, pelajar dari SMK negeri 1 Kota Sorong.

– Bertugas sebagai Komandan Kelompok 8, Daniel Christian Guinea Yarangga, pelajar dari SMA Negeri 3 Kota Sorong.

– Bertugas sebagai Perentang, David Pernando Momot, pelajar dari SMA YPPKK Agustinus Kota Sorong.

Pasukan 45 dari Satuan Batalyon Infanteri Raider Khusus 762/Vira Yudha Sakti. */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button