Terkini

18 Orang Wartawan PWI Dinyatakan Kompeten

Kapabar – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Dewan Pers bersama Persatuan Wartawan Indonesia dan Ikatan Jurnalis Telivisi Indonesia (IJTI) tanggal 4-5 Agustus 2023 di Hotel Aston Sorong secara resmi ditutup oleh Ketua Dewan Pers yang diwakili oleh Anggota Dewan Pers, Asep Setiawan.

Koordinator Penguji PWI Pusat, Taufan Pamungkas MJ mengatakan bahwa, UKW yang dilakukan oleh Lembaga Uji PWI di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya (PBD) diikuti 18 orang peserta.

“Seluruhnya hadir, dalam keadaan sehat walafiat. UKW ini terdiri dari tiga kelas, Muda 12 orang peserta (2 kelas) dan Madya 6 orang peserta (1 kelas),” kata Toufan dalam sambutannya.

Dikatakan Toufan, dari 10 mata uji diberikan kepada 18 orang peserta UKW, semuanya dinyatakan lulus atau kompeten.

“Selamat untuk yang sudah dinyatakan kompeten. Mudah-mudahan kompetensi ini bisa menjadi contoh teladan bagi teman-teman lain yang belum mengikuti UKW,” jelas Toufan.

Menurut Toufan, wartawan yang sudah kompeten dengan yang belum memiliki perbedaan ketika berada di lapangan melakukan aktivitas jurnalistik.

Sementara itu, Ketua PWI Papua Barat Daya, Wahyudi menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dewan Pers, PWI Pusat dan IJTI Pusat yang telah memberikan kesempatan bagi wartawan-wartawan di Papua untuk pelaksanaan UKW.

“Kebetulan PWI Papua Barat Daya itu baru terbentuk tanggal 7 Juli 2023, belum genap sebulan usianya. Namun, lobi-lobi pelaksanaan UKW ini sudah intens dilakukan jauh-jauh hari. Harusnya, UKW tahun ini digelar di Fakfak, namun Ketua PWI Fakfak menyarankan agar UKW dilangsungkan di Kota Sorong,” jelas Wahyudi.

Tak lupa, Wahyudi mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan dari Dewan Pers dalam hal pelaksanaan UKW di Kota Sorong.

“Mudah-mudahan bukan yang terakhir untuk di wilayah Papua. Karena memang untuk mengukur kompetensi dari pada teman wartawan di lapangan itu, satu-satunya cara dengan melakukan UKW,” terangnya.

Sehingga dengan adanya pelaksanaan UKW itu, sambung dia, menjadi jembatan yang sangat baik untuk wartawan dalam hal mengembangkan diri dan berproses menjadi wartawan berkompeten. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds