Pendidikan

Penguatan Pendidikan Karakter, RJK Sampaikan 5 Poin Ini

Kapabar – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Komisi X DPR-RI menggelar wicara tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) kepada guru dan kepala sekolah se-Kota Sorong tingkat SD-SMP di Rylich Panorama Hotel, Kamis (20/7).

Hadir dalam gelar wicara itu, Anggota Komisi X DPR-RI, Robert Joppy Kardinal atau yang akrab disapa RJK itu mengatakan, PKK ini berisikan 5 poin penting didalamnya.

“Misalnya, Pertama (1) Religius yang merupakan nilai karakter yang mencerminkan keberimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dalam bentuk perilaku melaksanakan ajaran agama yang dianut,” kata RJK kepada awak media di sela-sela gela wicara itu.

Kemudian, sambung RJK, Kedua (2) Nasionalis ialah karakter yang menuntun cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi dan politik bangsa.

“Lalu, Ketiga (3) Integritas yakni nilai yang mendasari perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan,” terang RJK.

Sementara itu, lanjut RJK, Keempat (4) Mandiri dimaksudkan, sikap dan perilaku tidak tergantung pada orang lain serta mempergunakan segala tenaga, pikiran dan waktu untuk merealisasikan harapan, mimpi serta cita-cita,” paparnya.

Yang terakhir, lanjutnya, Kelima (5) Gotong Royong adalah karakter yang mencerminkan tindakan menghargai semangat kerja sama dan bahu-membahu menyelesaikan persoalan secara bersama.

“Tujuan dari gelar wicara hari ini adalah, pelajar punya karakter sejak. Ini baru kami lakukan di Kota Sorong, mungkin besok akan kami lakukan di tempat lain tapi dengan peserta yang berbeda,” ungkapnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds