Terkini

Perkuat Narasi Lingkungan, SIEJ Adakan Workshop

Kapabar – Guna memperkuat narasi lingkungan, khususnya di tahun politik, The Society of Indonesia Environment Journalists (SIEJ) mengadakan workshop yang berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu, 4-5 Juli 2023 di Vega Prime Hotel Sorong.

Dimana, workshop itu, diikuti oleh 10 orang jurnalis dari media online (website) serta 10 orang jurnalis warga yang berdomisili di wilayah Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Ketua Umum SIEJ, Joni Aswira Putra mengatakan, kegiatan workshop itu bertujuan untuk mengutamakan narasi lingkungan hidup, terutama di tahun politik.

“Jadi kami desain kegiatan ini berupa workshop atau pelatihan. Kenapa jurnalis dan jurnalis warga, tentunya jurnalis bisa memainkan peranan yang sangat penting selama tahun politik ini serta ujung tobang dari informasi publik,” kata Joni kepada Kapabar di sela-sela workshop itu.

Dikatakan Joni, serupa dengan jurnalis, jurnalis warga juga punya peranan penting, karena di jaman sekarang perkembangan platform sosial media punya dampak yang sangat signifikan dari sebuah percakapan publik tentang suatu isu.

“Dan, sudah hampir dipastikan teman-teman jurnalis warga ini pasti akan banyak memanfaatkan platform media sosial untuk turut serta dalam mengkampanyekan isu lingkungan hidup,” terang Joni.

Menurut Joni, tahun politik adalah waktu yang sangat tepat untuk membahas tentang isu lingkungan hidup, karena kerusakan lingkungan atau dampak dari perubahan iklim saat ini sudah sangat luar biasa.

“Kita tidak bisa berdiam diri. Karena ini tahun politik, maka kami menginginkan kembali para politisi yang mau maju bahwa mereka harus membawa aspirasi masyarakat khsusnya aspirasi tentang buruknya lingkungan saat ini,” jelasnya.

Bahkan, lanjut dia, narasi lingkungan hidup dan perubahan iklim harus bisa diwadahi kedalam tahapan-tahapan Pemilu 2024, agar kandidat yang lahir adalah sosok yang memahami persoalan lingkungan dan langkah apa yang harus dilakukan nantinya.

“Kami harapkan penyelenggaraan Pemilu 2024 dalam hal ini, KPU dan Bawaslu agar menyediakan tempat untuk politisi yang maju sebagai kepala daerah supaya bisa memaparkan gagasannya tentang lingkungan hidup,” tandasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds