Olahraga

Novianto Jabat Plt Ketua ESI Papua Barat Daya

Kapabar – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Esport Indonesia (ESI) Provinsi Papua Barat, Brigjen TNI TSP Silaban SH melantik dan mengukuhkan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Esport Provinsi Papua Barat Daya, Novianto Briansyah Zurkarnain dengan sisa masa bhakti tahun 2023-2024 di Rylich Panorama Hotel, Selasa (27/6).

Pelantikan itu, tertuang dalam Surat Rekomendasi Pelaksana Tugas Ketua ESI Provinsi Papua Barat Daya, Nomor : 017/ESI-PABAR/A/VI/2023 di Manokwari, 21 Juni 2023.

Ketua Umum PB ESI Provinsi Papua Barat, Brigjen TNI TSP Silaban SH mengatakan, seperti yang diketahui bahwa kemajuan teknologi terus tumbuh dengan kecepatan yang dinamis, sehingga menimbulkan banyak peluang baru, salah satunya adalah dunia Esport.

“Generasi muda yang berpartisipasi dalam Esport melalui semangat dan komitmen mereka ialah benih untuk menjadi atlet Esport profesional itu sendiri,” ujar Silaban mengawali sambutannya.

Sayangnya, kaya Silaban, para atlet muda itu tidak memiliki platform panduan untuk mengakomodasi semangat mereka dalam bentuk olahraga baru seperti saat ini.

“Esport adalah olahraga permainan atau game yang bersifat interaktif dan kompetitif dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, konsol, handphone dan lain sebagainya yang masuk dalam kategori cabang olahraga Esport wajib memenuhi unsur tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan serta strategi,” papar Silaban.

Berdasarkan SK KONI Pusat, Nomor : 84 Tahun 2020 Tentang Perhimpunan Besar Esport Indonesia selanjutnya disebut PBESI merupakan satu-satunya induk cabang olahraga Esport yang berwenang dan bertanggungjawab mengelola, membina, mengembangkan dan mengkoordinasikan setiap dan seluruh pelaksanaan Esport di wilayah hukum NKRI, sesuai Undang-Undang Nomor : 11 Tahun 2022 Tentang Olahraga.

“PBESI memiliki maksud dan tujuan untuk menyelenggarakan, mengembangkan, mendidik serta membina Esport untuk meningkatkan potensi diri dan membangun jiwa kepribadian yang luhur sesuai dengan nilai-nilai Kebangsaan, Pancasila dan UUD NKRI Tahun 1945,” jelas Silaban.

Sementara itu, Plt Ketua ESI Provinsi Papua Barat Daya, Novianto Briansyah Zurkarnain dirinya berjanji untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan penuh integritas, dedikasi dan semangat yang tinggi.

“Bersama dengan seluruh stakeholder, kami akan berkerja keras untuk mengembangkan Esport di wilayah ini melalui membangun hubungan erat dengan berbagai pihak terkait serta menciptakan lingkungan yang kondusif bagi para atlet untuk berkembang dan berprestasi,” terang Novianto.

Dikatakan Novianto, dirinya memastikan akan berkerja secara transparan yang mengutamakan kepentingan atlet dan para pelaku Esport. Bahkan, meningkatkan kualitas pembinaan dan pengelolaan kegiatan Esport di Papua Barat Daya.

“Kami juga akan berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan Esport sehingga dapat menciptakan generasi yang sehat, tangguh, berprestasi dan menjunjung sportifitas,” katanya.

Melalui wadah ESI Papua Barat Daya, dirinya berharap akan tumbuh bibit atlet Esport yang nantinya mampu berbicara banyak dalam berbagai event, kompetisi baik tingkat nasional maupun internasional.

“Harapan ini akan terwujud apabila seluruh stakeholder atau pemangku kepentingan dapat berkolaborasi dengan baik. Dukungan yang masif akan memberikan daya dorong yang besar menuju kemajuan Esport Papua Barat Daya,” tuntasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds