Ekonomi Bisnis

Teken MoU, Pertamina EP Dapat Suplai Listrik Dari PLN

Kapabar – PT. Pertamina EP Papua Field akan mendapatkan suplai listrik untuk kebutuhan operasional dari PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat UP3 Sorong. Hal itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) layanan fasilitas ekstra di Hotel Mercure Jakarta pada Kamis, 22 Juni 2023.

MoU ditandatangani langsung oleh General Manager Pertamina EP Zona 14, Zulfikar Akbar dan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat Budiono.

Pada penandatanganan MoU itu, turut dihadiri oleh Direktur Utama PT Cogindo Daya Bersama, Ade Hendratno, EVP Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Enterprise PLN Pusat (Nayusrizal), Direktur Bisnis PT Cogindo Daya Bersama, Kukuh Pambudi, Manager PLN UP3 Sorong, Shofwan Juniardi dan Field Manager Pertamina EP Papua Field, Muslim Nugraha.

Penyaluran listrik kepada Pertamina EP Papua Field adalah wujud implementasi sinergi antar BUMN, sejalan dengan visi dan misi PLN untuk menjadikan tenaga listrik sebagai pendorong kegiatan ekonomi dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, khususnya di Papua.

Dalam sambutan, General Manager PT. Pertamina Zona 14, Zulfikar Akbar mengatakan, Pertamina EP Papua Field mempercayai PLN UIWPPB UP3 Sorong untuk memasok daya listrik,

“Tujuannya untuk mendukung keandalan kegiatan operasional perusahaan serta diyakini mempunyai nilai keekonomian yang lebih efisien sehingga dapat memberikan nilai tambah berupa penghematan biaya,” ujar Zulfikar Akbar.

Layanan yang diberikan PLN UIWPPB kepada Pertamina EP Papua Field adalah layanan fasilitas ekstra yang merupakan layanan dengan mutu dan keandalan terjamin karena tanpa padam dan tanpa kedip. Kepastian penyambungan pun sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang lebih baik dari layanan reguler.

“Layanan ini ditujukan kepada pelanggan yang membutuhkan suplai listrik dengan kualitas tinggi untuk mendukung operasional peralatan listrik yang tidak boleh padam atau kedip,” ungkap General Manager PLN UIWP2B, Budiono kepada Kapabar melalui rilis PLN UP3 Sorong, Jumat (23/6).

Budiono mengungkapkan, bahwa dalam penyediaan layanan Fasilitas Ekstra tersebut PLN akan menggandeng PT Cogindo Daya Bersama untuk memastikan peralatan yang ada sesuai dengan MoU yang telah disepakati PLN dan Pertamina EP Papua Field.

“Layanan Fasilitas Ekstra ini akan menjadi yang pertama di Papua dan kami langsung menggandeng PT Cogindo Daya Bersama selaku anak perusahaan PLN yang berkompeten dalam Operasion & Mantainance (O&M). Menjamin yang kami pasang ini sangat aman dalam memproteksi gangguan tegangan seperti kedip tegangan, padam dan gangguan tegangan lainnya sehingga dapat menjaga kualitas dan keberlangsungan operasional produksi di pertamina EP Papua Field,” jelas Budiono.

Sementara itu, Direktur Utama PT Cogindo Daya Bersama, Ade Hendratno dalam kesempatan yang sama juga menuturkan bahwa sinergi dan kolaborasi PLN, Pertamina dan Cogindo ini menjadi langkah kolaborasi yang sangat baik dan dapat menjadi contoh dalam implementasi layanan selanjutnya.

“Kami berharap sinergi dan kolaborasi ini dapat terus berjalan dengan baik sehingga menjadi added value yang berdampak bagi pertumbuhan di Papua,” ungkap Ade Hendratno. */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds