Pendidikan

Robert Kardinal : Daerah Yang Maju Harus Dilandasi Pendidikan Bermutu

Kapabar – Menyikapi tentang Kurikulum Merdeka guna mendukung pemulihan pembelajaran, Anggota Komisi X DPR-RI, Robert Joppy Kardinal mengatakan, kalau majunya sebuah daerah atau negara harus dilandasi dengan dunia pendidikan yang baik dan bermutu.

“Kalau mau maju Tanah Papua ini harus pendidikan diutamakan. Karena dalam UU Otsus sudah tertulis 30 persen dana Otsus untuk pendidikan,” ujar pria yang akrab disapa RK ini usai Worshop Pendidikan Implementasi Kurikulum Merdeka di Rylich Panorama Hotel, Minggu (11/6).

Namun, kata RK, walaupun besar nominal dana Otsus untuk pendidikan, di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya banyak anak-anak usia sekolah yang tidak bisa bersekolah.

“Ada yang mau sekolah tapi tidak punya biaya. Ini menjadi persoalan besar bagi kami. Kita tidak bisa melempar kesalahan ini kepada pemerintah pusat lagi, karena anggaran semua sudah diberikan ke daerah,” ungkap RK.

RK meminta kepada kepala daerah di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya agar fokus kepada pendidikan dan kesehatan. “Saya akan ngomong dengan kepala daerah, hal ini harus menjadi perhatian khusus,” papar RK.

Diakui RK, ada tiga sekolah menjadi pelopor pendidikan di Tanah Papua, adalah Yayasan Pendidikan Kristen (YPK), Yayasan Pendidikan dan Pelatihan Kearsipan (YYPK) dan Yayasan Pendidikan Islam (Yapis).

“Sebelum Irian Barat masuk ke Indonesia, sekolah ini sudah ada dan melakukan aktivitas belajar-mengajar. Ini harus dibantu oleh pemerintah daerah agar pendidikan di tanah ini bisa maju,” tuntasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds