Sorotan

“Jemput Bola”, BPJS Kesehatan Cabang Sorong Hadirkan MCS

Kapabar – BPJS Kesehatan Cabang Sorong melaksanakan program Mobile Customer Service (MCS) sebagai upaya untuk mempermudah peserta dalam mendapatkan pelayanan dan informasi seputar BPJS Kesehatan. Mobile Customer Service (MCS) kali ini dilaksanakan langsung di Puskesmas Sorong (10/5).

Program Mobile Customer Service (MCS) ini merupakan salah satu upaya “jemput bola” BPJS Kesehatan Cabang Sorong dalam memberikan kemudahan dalam pemberian layanan informasi dan administrasi kepada masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan terkhusus masyarakat di wilayah Puskesmas Sorong.

Dalam program ini, peserta BPJS Kesehatan dapat mengakses layanan administrasi dan informasi dengan menunjukkan KTP/KK. Beberapa layanan yang dapat diakses melalui program ini antara lain informasi seputar BPJS Kesehatan, registrasi kepesertaan, update data kepesertaan, informasi pemanfaatan Mobile JKN, serta bantuan terkait permasalah status kepesertaan BPJS Kesehatan.

Kepala Bidang Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Nurhidayat mengatakan, dengan diadakan MCS ini mempermudah akses pelayanan meskipun sudah ada Pandawa namun lebih efektif jika terjun langsung ke masyarakat, pelayanan MCS ini akan dilaksanaakan di beberapa tempat baik itu dipuskesmas, di instansi-instansi terkait, atau kedepannya diharapkan dapat dilaksanakan di kantor kecamatan atau kelurahan yang pada intinya mempermudah masyarakat untuk memperoleh pelayanan.

“Terkhusus untuk di Kota Sorong dimana untuk Jamkesdanya terbuka kuotanya untuk penambahan peserta, sehingga pelaksanaan MCS sekaligus pendataan langsung ke masyarakat, jika belum terdaftar sebagai peserta JKN dapat diusulkan ke dinsos sebagai peserta Jamkesda yang ditanggung pemerintah Kota Sorong,” ujar Nurhidayat melalui rilis Jamkesnews yang diterima Kapabar, Jumat (12/5).

Masyarakat menyambut positif program Mobile Customer Service (MCS) dari BPJS Kesehatan Cabang Sorong yang dilaksanakan di Puskesmas Sorong. Masyarakat merasa sangat terbantu dengan adanya program ini, terutama dalam memperoleh akses dan informasi seputar BPJS Kesehatan.

Salah seorang peserta BPJS Kesehatan, Michael mengatakan bahwa ia merasa senang dengan adanya layanan MCS.

“Sebelumnya, saya kesulitan dalam memperoleh informasi seputar BPJS Kesehatan. Namun sejak adanya layanan MCS ini, saya bisa dengan mudah mengakses informasi yang saya butuhkan melalui aplikasi Mobile JKN di handphone saya,” ungkap Michael.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rina, peserta BPJS Kesehatan lainnya. Ia mengatakan bahwa program MCS ini sangat membantu mereka dalam mengakses layanan kesehatan.

“Saya tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengakses layanan karena BPJS Kesehatan datang langsung ke puskesmas yang kebetulan dekat dengan rumah,” ungkap Rina.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Sorong, Agustina Naa menyambut baik pelaksanaan program MCS, hanya saja masyarakat masih banyak yang mengakses layanan kesehatan di Puskesmas Sorong namun belum terdaftar Faskesnya di Puskesmas Sorong.

“Sehingga, dengan adanya kegiatan yang dilaksakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Sorong dalam seminggu ini, dinilai sangat mempermudah pihak puskesmas dalam memantau dan mengelola data peserta BPJS Kesehatan yang berobat di Puskesmas Sorong,” ujar Agustina Naa.

Agustina Naa mengatakan bahwa pihak puskesmas sangat berterima kasih atas respon positif yang diberikan oleh masyarakat terhadap program MCS dan kegiatan pelayanan langsung BPJS Kesehatan Cabang Sorong di Puskesmas Sorong.

“Kami sangat senang melihat bahwa program MCS dan kegiatan pelayanan langsung BPJS Kesehatan di Puskesmas Sorong mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada peserta BPJS Kesehatan di daerah Sorong,” pungkasnya. */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds