Olahraga

Sejarah! Sorong Pace Goku Gelar Event Sepeda Pertama di PBD

Kapabar – Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Sorong dan Pace Goku Sorong menggelar Road Bike Open Race 2022 yang melakukan start dari depan Depo Apa Jalan Basuki Rachmat, Km.10 Kota Sorong hingga finish di Koarmada III Jalan Yos Sudarso, Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Minggu (11/12).

Event Sorong Pace Goku dengan jarak tempuh sekitar 40 kilometer itu diikuti sekitar 70-an peserta pria dan wanita dari tiga kota di Tanah Papua yakni Nabire, Manokwari dan Sorong.

Ketua ISSI Kota Sorong, Romi Mintarya mengatakan bahwa event Sorong Pace Goku mecatat sejarah yang merupakan event sepeda pertama di Provinsi Papua Barat Daya (PBD) yang baru saja disahkan di Jakarta.

“Kalau bicara event banyak. Tapi untuk event sepeda pertama di provinsi baru PBD ya kami ini,” kata Romi kepada Kabapar di salah satu warung makan di Kota Sorong, Minggu (11/12).

Romi menjelaskan, dari event tersebut, terdapat tiga peserta putra yang berhasil menjadi juara, diantaranya, Juara I atas nama Tjahya Subakti dari NBC Nabire, Juara II atas nama Nur Wahyu dari Pace Goku Sorong dan Juara III atas nama Heryadi Tahir dari NBC Nabire.

“Sedangkan untuk peserta putri yang menjadi juara, yakni Juara I atas nama Mariani Pirono dari TGPM Manokwari, Juara II atas nama Meliana Rumuy dari Pace Goku Sorong dan Juara III atas nama Hj. Yusri Lukman dari NBC Nabire,” rincinya.

Ia menambahkan, seluruh peserta yang menjadi juara berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai jutaan rupiah dan mendali emas, perak dan perunggu. Lalu, untuk seluruh peserta yang mengikuti event Sorong Pace Goku mendapatkan mendali finisher sebagai bentuk kenang-kenangan.

“Saya berharap kedepannya, pemerintah bisa lebih memperhatikan cabang olahraga sepeda, khususnya di Kota Sorong, umumnya di Indonesia. Bahwa sepeda itu selain sebagai cabang olahraga dia juga bisa berfungsi sebagai alat transportasi dan alat rekreasi,” paparnya.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dua tokoh masyarakat Kota Sorong Haji Basri Owner Depo Apa dan Ranley H Mansawan Wakil Ketua I DPR Papua Barat sebagai inisiator dalam event itu. “Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada ketua panitia, Tommy Tendean yang mengemas acara ini dengan bagus sehingga berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir,” tutupnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button