Hukrim

BPJS Ketenagakerjaan-Kejari Bersinergi, Akan Gugat Perusahaan yang Nunggak Iuran

Kapabar – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sorong bersinergi dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong guna menindaklanjuti kerja sama antara BPJS Ketenagakerjaan Pusat dan Kejaksaan Agung dalam menertibkan perusahaan yang menunggak iuran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami membutuhkan pendampingan dalam hal menertibkan perusahaan-perusahaan yang menunggak iuran kepesertaan,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sorong Nasrullah Umar kepada Kapabar, Rabu 3 Juli 2024.

Menurut Nasrullah, pihaknya juga telah menyerahkan Surat Kuasa Khusus (SKK) kepada Kejari Sorong untuk dilakukan gugatan sederhana kepada perusahaan yang menunggak iuran kepesertaan karyawan atau pegawainya.

“Kalau untuk perusahaan yang menunggak iuran itu banyak. Tetapi kami sedang fokus ke piutang yang cukup lama, dan akan dilakukan gugatan sederhana kepada tiga perusahaan,” rinci Nasrullah.

Nasrullah berharap, dengan adanya sinergi dengan Kejari Sorong agar seluruh perusahaan dapat lebih tertib dan patuh dalam memenuhi hak tenaga kerja.

“Karena pembayaran iuran merupakan iuran negara yang telah dibagi komposisinya yakni tanggungan dari perusahaan dan tenaga kerja,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Sorong Makrun, S.H.,M.H menyebutkan, pihaknya siap mendukung setiap langkah-langkah yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sorong.

“Khususnya dalam hal yang sudah kami sepakati dalam Memorandum of Understanding (MoU). Dan, ada beberapa SKK yang telah diserahkan kepada kami dan akan ditindaklanjuti, dengan melakukan gugatan sederhana,” tegas Makrun.

Makrun berharap, kerjasama tersebut terjalin lebih intens lagi kedepannya. Karena masih banyak perusahaan yang belum patuh dalam memenuhi hak tenaga kerja. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds