Uncategorized

Ini Manfaat dan Tips Memanaskan Mesin Motor Ala Astra Motor Papua

Jayapura – Perawatan sepeda motor dapat dikatakan gampang-gampang susah. Salah satu yang bisa dilakukan untuk merawat sepeda motor adalah dengan memanaskan mesin sepeda motor.

“Perawatan sepeda motor perlu diperhatikan agar performa mesin tetap optimal ketika digunakan. Salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh pemilik sepeda motor adalah dengan memanaskan mesin motor setiap pagi,” ucap Instruktur Safety Riding Astra Motor Papua, Dulfi Ade Putra, dalam siaran persnya, Sabtu 29 Juni 2024.

Putra menyebut dengan memanaskan mesin sepeda motor tetap awet sekaligus membuat kondisi motor
tetap prima.

“Ada beberapa manfaat mesin sepeda motor, pertama oli bersirkulasi ke ruang mesin sehingga komponen mesin yang bergesekan dapat terlumasi dengan baik,” kata Putra.

Menurut Putra, sepeda motor yang jarang digunakan menjadikan aki motor perlu di-charge agar tidak ngedrop, dengan menyalakan sepeda motor membantu aki melakukan charging otomatis.

“Selain itu, memanaskan sepeda motor, mesin akan mencapai suhu ideal sehingga kerja mesin jadi lebih optimal dan sepeda motor siap untuk digunakan,” terangnya.

Meski terbilang umum di masyarakat, sambungnya, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memanaskan mesin sepeda motor. Seperti halnya durasi memanaskan mesin.

“Waktu yang direkomendasikan untuk memanaskan mesin motor berkisar mulai dari 3 sampai 5 menit saja. Lebih dari itu tidak disarankan,” ujarnya.

Hal ini, timpal dia, dikarenakan pemanasan motor yang terlalu lama dapat menyebabkan overheat atau kelebihan panas pada mesin. Kalau sudah demikian, niat awal untuk membuat mesin lebih awet justru malah akan berdampak sebaliknya.

“Motor yang sering mengalami overheating tentu akan lebih mudah mengalami kerusakan pada mesinnya,” imbuhnya.

Ia menyebutkan, selain itu, hal ini juga akan membuat motormu lebih boros bahan bakar serta dapat membuat knalpotnya menguning.

“Untuk itu, pastikan kamu hanya memanasi motor sesuai dengan jangka waktu yang telah dianjurkan,” ungkapnya.

Kemudian, tambah dia, memanaskan motor di pagi hari memang lebih disarankan menggunakan metode kick starter, daripada menekan tombol yang ada pada stang. Tujuan dari menggunakan kick starter untuk menyalakan motor di pagi hari adalah untuk meringankan beban arus kelistrikan pada kendaraan. */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds