Kesehatan

Petugas BPJS Satu Berikan Akses Layanan Kesehatan Bagi Pasien 

Kapabar – Hadirnya petugas BPJS Satu (BPJS Siap Membantu) pada fasilitas kesehatan khususnya di Wilayah Sorong sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Hal Ini sesuai dengan tujuan dihadirkannya petugas BPJS Satu yaitu untuk memberikan kemudahan bagi peserta JKN yang berada di rumah sakit untuk mendapatkan informasi maupun menyampaikan kendala yang dialami secara langsung. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Pupung Purnama melalui pres rilisnya, Kamis 27 Juni 2024.

Pupung menyampaikan petugas BPJS Satu hadir di rumah sakit untuk membantu setiap kendala peserta JKN serta memberikan edukasi terkait alur pelayanan dan juga informasi terbaru mengenai program JKN. Adanya program layanan BPJS SATU ini merupakan sebuah optimalisasi dari peran Petugas Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di rumah sakit.

“Program BPJS Satu merupakan upaya untuk memberikan informasi serta penanganan pengaduan peserta JKN di rumah sakit seperti membantu peserta yang datanya tidak sesuai, kartu tidak aktif, serta kendala lainnya terkait prosedur pelayanan di fasilitas kesehatan,” kata Pupung

Pupung menambahkan untuk memudahkan tugas BPJS Satu dalam membantu peserta, petugas BPJS Satu juga telah berkoordinasi dengan masing-masing penanggungjawab dari setiap rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan sesuai ketentuan. Dalam tugasnya, petugas BPJS Satu yang didampingi oleh petugas penanggungjawab rumah sakit juga melakukan customer visit kepada pasien rawat jalan maupun rawat inap untuk meminta feedback survey kepuasan dari peserta JKN selama mendapatkan pelayanan dari fasilitas kesehatan.

“Bagi peserta JKN di wilayah Sorong, yang mengalami kendala di rumah sakit dapat menghubungi petugas BPJS Satu melalui nomor 0811 4850 4242, Kami juga telah menempelkan beberapa poster di rumah sakit mengenai petugas BPJS Satu dan penanggungjawab di setiap rumah sakit agar memudahkan peserta untuk mengenali petugas,” tambah Pupung.

Lebih lanjut Pupung mengingatkan kepada peserta JKN untuk terus memanfaatkan layanan kesehatan yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan, salah satunya yaitu layanan online seperti Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (Pandawa) 0811 8 165 165 serta BPJS Kesehatan Care Center 165.

“Kami terus menghimbau seluruh peserta JKN untuk lebih aktif memanfaatkan layanan yang telah disediakan untuk mengakses informasi maupun menyampaikan keluhan. Dengan adanya inovasi ini diharapkan proses pelayanan kesehatan menjadi lebih efisien dan peserta merasa lebih nyaman dan terlayani dengan baik,” ingat Pupung.

Pada kesempatan yang terpisah, Absalom Estefanus Imbiri (57) yang sedang dirawat di salah satu rumah sakit di Kota Sorong mengungkapkan pengalaman positifnya setelah menerima kunjungan dan bantuan langsung dari petugas BPJS Satu untuk memastikan kualitas pelayanan yang diterimanya.

“Saya sangat terbantu dengan petugas BPJS Satu yang datang mengunjungi saya. Mereka bertanya-tanya mengenai proses pelayanan disini dan pastikan saya mendapatkan informasi yang saya butuh dengan cepat,” ujar Absalom dengan senyum.

Sebagai peserta JKN yang puas dengan layanan yang diterimanya, Absalom mengajak masyarakat lain untuk memanfaatkan fasilitas kesehatan sebagai peserta JKN dengan percaya diri.

“Saya mengajak semua orang untuk tidak ragu-ragu menggunakan fasilitas kesehatan sebagai peserta JKN. Dengan dukungan dari BPJS Kesehatan, kita bisa yakin bahwa hak-hak kesehatan kita akan dilindungi dan diprioritaskan,” himbau Absalom. */RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds