Pendidikan

Perwira Pertamina Regional Indonesia Timur Berbagi Pengalaman ke SMKN 1 Kota Sorong

Kapabar – Pertamina EP Papua Field (PEP Papua) yang merupakan bagian dari Subholding Upstream Pertamina Regional Indonesia Timur berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar industri hulu migas kepada 200an siswa-siswi SMKN 1 Kota Sorong pada Kamis (30/5/2024).

Tidak kurang dari 12 Perwira Pertamina Regional Indonesia Timur dari berbagai wilayah operasi hulu Pertamina membawakan materi tentang proses eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi (migas), aspek keselamatan dalam kehidupan sehari-hari, konservasi lingkungan, tata nilai AKHLAK, personal branding, dan motivasi. Sesi berbagi dibagi ke dalam 4 ruang kelas, dibawakan dengan gaya yang santai namun serius.

Dalam sesi pembuka, Pjs. Manager Papua Field Herwendo Lazuardi menyampaikan komitmen Pertamina EP untuk melaksanakan inisiatif Environmental, Social and Governance (ESG), salah satunya dari aspek sosial.

Menurut Herwendo pengembangan pendidikan merupakan salah satu concern PEP Papua dari aspek sosial. Membangun dan mengembangkan sumber daya manusia khususnya bagi anak-anak Papua dengan berbagi pengetahuan dan mengajar.

“Kegiatan ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) terutama no. 4 Pendidikan Berkualitas dan no. 17 Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan. Inshaallah kegiatan akan kami laksanakan secara rutin dan semoga dapat mengembangkan dan mengoptimalkan potensi anak-anak Papua,” ujar Herwendo seperti yang dikutip dalam pres rilisnya.

Herwendo turut membuka kesempatan bagi pihak sekolah maupun siswa-siswi untuk berkunjung ke PEP Papua. Karena di PEP Papua, dilengkapi HSSE Demo Room, tempat di mana bisa belajar beragam aspek keselamatan, kesehatan, dan lingkungan, yang terangkum dalam Corporate Life Saving Rules (CLSR).

“Kunjungan ke lapangan migas kami juga dimungkinkan, tentunya dengan jadwal dan jumlah peserta yang telah disesuaikan,” pungkasnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala SMKN 1 Kota Sorong Bidang Kesiswaan Rasman Usman, S.Pd. mengapresiasi momen mengajar dan berbagi kepada siswa-siswi SMKN 1 Kota Sorong.

“Siswa-siswi tidak hanya mendapatkan informasi tentang proses eksplorasi dan produksi migas, namun materi-materi terkait keselamatan, lingkungan, dan pengembangan diri. Siswa-siswi juga berkesempatan langsung untuk bertanya kepada para praktisi hulu migas sehingga mendapat gambaran lebih jelas tentang dunia kerja terkhusus industri hulu migas. Kami mengharapkan momen-momen seperti ini dapat diselenggarakan lebih sering dan lebih rutin,” ujar Rasman.

Rafel Wanggai, siswa kelas 11 jurusan Teknik Geologi Pertambangan, dengan percaya diri dapat menceritakan kembali tentang materi yang dipelajarinya hari itu yaitu gas alam.

“Gas alam bersumber dari fosil-fosil tanaman, hewan, dan mikroorganisme yang terperangkap serta tersimpan dalam lapisan bumi selama ribuan hingga jutaan tahun, dalam suhu dan tekanan tertentu,” kata Rafel penuh antusias.

Dikatakan Rafel, gas alam juga seringkali ditemukan bersama minyak bumi di ladang minyak dan gas alam. Gas alam sebagai salah satu energi bersih dan efisien memiliki beragam manfaat, diantaranya sebagai sumber energi pembangkit listrik, rumah tangga, dan transportasi. */RON 

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds