Terkini

Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 Resmi Dibuka

Kapabar – Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua Barat bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dan Papua Barat Daya secara resmi dibuka yang ditandai dengan acara opening ceremony di Gedung Lambert Jitmau, Kota Sorong, Sabtu 18 Mei 2024.

Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 yang mengangkat tema “The Spirit of Tanah Papua Fostering Inclusive Growth Promoting Creative Economy and Sustainable Tourism” tersebut bertujuan untuk mendorong ekonomi kreatif melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta pariwisata berkelanjutan di Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Dimana, dalam Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 tersebut sejumlah dilakukan seperti funwalk, zumba, pameran 80 UMKM, kuis interaktif, atraksi budaya, doorprize dan hiburan penampilan guest star Mario G Klau.

Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Papua Barat dan Papua Barat Daya yang telah memberikan dukungan, sehingga Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Melalui Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 merupakan bentuk komitmen BI kepada Pemprov Papua Barat dan Papua Barat Daya,” ujar Aida mengawali sambutannya.

Menurut Aida, UMKM merupakan bagian terbesar dari pertumbuhan bruto domestik dengan total 60 persen yang bersumber dari UMKM.

“Kemudian, berbicara dari sisi tenaga kerja dan unit usaha, itu malah lebih dari 95 persen. Sekarang ini, sudah hampir 16 persen pangsa ekspor nonmigas berasal dari UMKM, nilainya menyentuh angka Rp 1 triliun,” ungkap Aida.

Akan tetapi, sambung Aida, juga UMKM sangat penting untuk pembangunan di satu daerah, termasuk di Tanah Papua. Bahwa, kalau mau menuju Papua maju dan Indonesia maju maka UMKM harus terus dikembangkan secara bersama-sama.

Dikatakan Aida, dari sisi pariwisata dalam Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 itu dilakukan launching desa wisata Kampung Marsi Kabupaten Kaimana dan Kampung Malaumkarta Kabupaten Sorong.

“Disini, BI juga memberikan bantuan sosial, penyerahan Qris dan bantuan program ketahanan pangan. Semoga bisa bermanfaat untuk pertumbuhan pariwisata di Papua Baray dan Papua Barat Daya,” tukasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Papua Barat Daya Mohammad Musa’ad menyampaikan, lagu Tanah Papua menggambarkan betapa kayanya Tanah Papua, dengan segala potensi yang luar biasa dianugerahi oleh Tuhan.

“Dibawah lautnya indah, bagaikan surga dengan terumbu karang dan ikan yang beragam jenis. Sedangkan dibawah bumi juga kandungannya sangat banyak, ada minyak, ada gas, ada emas dan ada nikelnya,” rinci Musa’ad.

Musa’ad menjelaskan, dari sisi budaya, Papua termasuk wilayah dengan suku terbanyak di Indonesia yakni 327 suku asli Papua yang identik dengan 327 bahasa.

“Karena itu kalau masuk ke Pulau Papua yang digunakan bahasanya bahasa Indonesia, karena sudah terlalu banyak bahasa. Tetapi pengucapkan bahasa Indonesia yang fasih ada di Papua, walaupun masuk ke kampung-kampung ketemu orang tua pasti bahasa Indonesianya fasih,” ungkap Musa’ad.

Kayanya alam dan budaya Papua, Musa’ad berharap dukungan semua pihak untuk menggali sebuah potensi agar dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

“Kami butuh dukungan agar kedepannya bisa lebih baik. Tuhan memberikan sesuatu itu dengan ukuran batas kemampuan seseorang untuk memanfaatkan sebaik-baiknya,” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Pj Gubernur Provinsi Papua Barat atau yang diwakili Pj Sekda Provinsi Papua Barat Jacob Fonataba menyampaikan Torang Creative and Ecotourism Festival 2024 merupakan kegiatan yang sangat bagus dan harus diadakan setiap tahunnya guna mengembangkan ekonomi kreatif dan pariwisata.

“Kata “Torang” yang sehari-hari digunakan di Papua, artinya “Kita Orang”. Menurut kami itu merupakan kata yang sangat inklusif milik bersama sehingga penamaan “Torang” bukan sekedar unik tetapi khas Papua dan mencerminkan kegiatan ini adalah kegiatan milik bersama,” sebut Jacob. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds