Hukrim

PHK Sepihak, Kuasa Hukum Frankie Tamaela Siap Gugat ke PHI

Kapabar – Kuasa Hukum Frankie Rizard Tamaela, Yosep Titirlolobi, S.H mengaku siap menggugat PT Petrogas (Basin) Ltd. yang melakukan Putusan Hubungan Kerja (PHK) secara sepihak kepada kliennya berdasarkan Surat Sr. Manager HR & GS No. Ref 170/PBL-HRS/VII/2023 pada tanggal 14 Juli 2023 lalu akibat dugaan melakukan pemukulan yang mengakibatkan luka terhadap rekan kerja di lingkungan kerja.

“Pihak perusahaan memberhentikan karyawan tanpa melewati mekanisme aturan yang berlaku. Pertama, menuduh klien kami melakukan pemukulan terhadap sesama karyawan di perusahaan,” kata Yosep saat ditemui Kapabar usai melakukan mediasi di Polresta Sorong Kota, Senin 13 Mei 2024.

Namun, kata Yosep, tuduhan pemukulan yang dilakukan kliennya tersebut tidak dilaporkan oleh pihak perusahaan kepada kepolisian.

“Kedua, pihak perusahaan sendiri malah mendamaikan klien kami dengan rekan kerjanya yang terjadi salah paham sehingga muncul dugaan pemukulan di area perusahaan,” ungkap Yosep.

Menurut Yosep, usai didamaikan, pihak perusahaan tidak membayar hak-hak kliennya sesuai dengan Undang-Undang (UU) Ketenagakerjaan.

“Pihak perusahaan seperti mengulur-ulur waktu untuk menyelesaikan hak dari klien kami. Yang tadi saat mediasi saya lihat apa yang dilakukan pihak perusahaan seperti mengada-ada dan tidak sesuai dengan UU Ketenagakerjaan,” tegas Yosep.

Yosep menerangkan, pihak perusahaan membayar hak kliennya sebesar Rp 40 juta tatanppemberitahuan. Bahkan, timpal Yosep, menurut pihak perusahaan mereka seharusnya membayar hak kliennya hanya Rp 5 juta.

“Padahal selama klien saya dirumahkan itu banyak hak-haknya yang tidak dibayarkan pihak perusahaan. Terus klien saya diminta untuk menandatangani surat PHK dari perusahaan,” bebernya.

Yosep menekankan, dalam waktu dekat dirinya bersama kliennya akan menghadap ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sorong dan melakukan gugatan ke Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Papua Barat di Manokwari.

“Itulah langkah terakhir untuk klien kami, agar haknya bisa dibayar atau diselesaikan oleh pihak perusahaan. Dimana perusahaan ini merupakan perusahaan besar,” tutupnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds