Uncategorized

BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Tambrauw Teken Kerjasama, 1758 Anggota Korpri Dilindungi

Kapabar – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tambrauw melakukan penandatanganan kerjasama untuk melindungi 1758 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tergabung dalam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Tambrauw di Swiss-Belhotel Sorong, Jumat 3 Mei 2024.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat Nasrullah Umar mengatakan, penandatanganan kerja sama tersebut merupakan cita-cita bersama agar dapat melindungi seluruh tenaga kerja, termasuk anggota Korpri di Kabupaten Tambrauw.

“Program yang akan diikutkan nantinya kepada anggota Korpri di Tambrauw yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM),” kata Nasrullah Umar mengawali sambutannya.

Dimana, sambung Nasrullah, manfaat dari program JKK dan JKM tersebut dapat dirasakan oleh ahli waris, apabila terjadi resiko kecelakaan kerja atau kematian yang dialami tenaga kerja.

“Kedua program ini akan aktif sejak BPJS Ketenagakerjaan telah menerima pembayaran iuran dari Pemkab Tambrauw. Jadi tidak ada jeda waktu yang kosong, apabila sudah dilakukan pembayaran iuran,” ungkap Nasrullah.

Sementara untuk pekerja rentan, lanjut Nasrullah, BPJS Ketenagakerjaan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tambrauw dan menemukan kurang lebih 9.000 pekerja rentan yang nanti akan dilindungi pada tahun 2024.

“Semoga dengan kerja sama ini menjadi satu langkah yang positif untuk masyarakat, dimana keberadaan pemerintah daerah dapat dirasakan oleh masyarakatnya sendiri,” tutur Nasrullah.

Diakui Nasrullah pada momen yang bersamaan, BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan seluruh puskesmas di Kabupaten Tambrauw.

“Kami kerja sama dengan puskesmas tentu melalui semangat dari Tambrauw kembali ke Tambrauw. Kalau terjadi resiko kecelakaan kerja, itu menjadi tanggungjawab BPJS Ketenagakerjaan bersama seluruh puskesmas yang diatur dalam kerja sama yang ditandatangani. Sebelumnya, kami juga telah menjalin kerja sama dengan RSUD Tambrauw,” terangnya.

Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu menyambut baik penandatanganan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Papua Barat.

“Kemarin yang kami tanda tangani adalah aparat kampung dan pekerja rentan. Kemudian hari ini yang kami mau tanda tangani untuk seluruh anggota Korpri di Kabupaten Tambrauw,” ungkap Kocu.

Usai penandatanganan kerja sama tersebut, Kocu meminta jajarannya melalui dinas terkait untuk melakukan pendataan dengan baik dan benar.

“Kemudian klausul-klausul di dalam kerja sama tersebut apa yang perlu diselesaikan, lalu apa yang perlu disepakati secara bersama dan untuk pembayaran iuran nanti kami menyesuaikan, mengingat tahun ini tahun politik, ada Pemilu dan Pilkada,” beber Kocu.

Kocu menambahkan, untuk tahun depan 2025 seluruh masyarakat Kabupaten Tambrauw akan dijamin perlindungan bagi diri dan keluarganya.

“Untuk tahun depan saya pikir sudah tidak ada beban. Semua masyarakat akan kami lindungi melalui program BPJS Ketenagakerjaan,” pungkasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds