Hukrim

Personel Polres Sorong Ikuti Pemeriksaan, Cegah Penyalahgunaan Senpi Dinas

Kapabar – Sejumlah personel Polres Sorong mengikuti pemeriksaan dan pengecekan berkala senjata api (senpi) dinas, bertetempat di Halaman Mapolres Sorong yang beralamat di Jalan Sorong-Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, pada Rabu (20/3/2024).

Pemeriksaan dan pengecekan Senpi secara teknis dilakukan dan dipimpin langsung oleh Kabag Log Polres Sorong AKP Marthinus Mangiri, S.Sos dan Kasi Propam Polres Sorong terhadap sejumlah personel yang dipercayakan untuk memegang senpi.

Kapolres Sorong AKBP Yohanes Agustiandaru, SH, S.IK, MH menerangkan, pemeriksaan dan pengecekan Senpi terhadap anggota merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala.

Dimana, ujar Yohanes, tujuan dati pemeriksaan itu adalah untuk memastikan Senpi yang dibawa oleh anggota dalam keadaan terawat.

“Pemeriksaan ini dimaksudkan untuk mengecek kelengkapan surat senjata, kelayakan senjata, kebersihan senjata, dan amunisinya. Tujuannya untuk memastikan senjata api dinas yang dipegang oleh anggota tetap dalam keadaan terawat dan tidak disalahgunakan,” terang Yohanes

Menurut Yohanes, senpi dinas yang dipegang anggota Polri, berfungsi untuk melindungi diri ketika personel menjalankan tugas menjaga Kamtibmas. Dalam rangka itulah, pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas digelar oleh Polres Sorong.

“Jangan sampai ada pelanggaran bagi pemegang senpi. Kita tahu tidak semua personel diizinkan untuk memegang senpi dinas. Personel yang memegang senpi dinas harus memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan,” jelas mantan Kapolres Teluk Wondama itu.

Dia menambahkan, anggota Polri yang memegang Senpi dinas juga harus memenuhi beberapa syarat. Antara lain, dinyatakan sehat dan telah lulus tes psikologi serta mempunyai mental kepribadian yang baik. Selain itu, personel yang mendapat prioritas memegang Denpi pinjam pakai adalah mereka yang bertugas di bidang operasional.

“Pemegang Senpi harus sesuai dengan aturan yang sudah di tentukan. Termasuk dalam pengamanan unjuk rasa, penggunaan Senpi tidak di perbolehkan. Jadi hal ini perlu di pedomani seluruh personel,” tandasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds