Kesehatan

Autodebit, Solusi Pastikan Keaktifan Peserta JKN

Sorong – Untuk memastikan keaktifan kepesertaan JKN, setiap peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), khususnya untuk peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang lebih dikenal dengan peserta mandiri, wajib membayar iuran JKN nya secara rutin.

Layanan autodebit dapat menjadi solusi agar peserta terhindar dari risiko keterlambatan pembayaran iuran. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Cabang Sorong BPJS Kesehatan, Pupung Purnama melalui pres rilisnya, pada Senin (18/3/2024).

Pupung mengatakan, layanan autodebit dihadirkan untuk memberikan kemudahan akses layanan bagi peserta JKN dalam memenuhi kewajibannya. Melalui autodebit, peserta tidak perlu khawatir untuk lupa atau terlewat membayar iuran, karena iuran akan terpotong secara otomatis dari saldo rekening yang telah didaftarkan oleh peserta.

“Pemanfaatan layanan autodebit tentu akan sangat membantu. Peserta mandiri tidak perlu jauh-jauh datang langsung kea tm atau ke loket bank maupun ke tempat pembayaran lainnya setiap bulan. Melalui autodebit, iuran dapat terbayarkan secara langsung pada setiap bulannya, sehingga peserta dapat lebih tenang dalam menjalankan aktifitasnya dengan status kepesertaan yang aktif,” kata Pupung.

Pupung mejelaskan, layanan autodebit dapat dilakukan melalui bank-bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, seperti bank BRI, BNI, BCA, Mandiri dan BTN. Selain melalui kanal bank maupun mitra autodebit, pendaftaran autodebit dapat dengan mudah dilakukan dengan berbagai cara diantaranya melalui Aplikasi Mobile JKN, Website BPJS Kesehatan, Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) di nomor 08118165165 serta juga dapat langsung dibantu oleh petugas BPJS Kesehatan saat peserta baru mendaftar sebagai peserta baru di kantor.

“Untuk peningkatan layanan, saat ini BPJS Kesehatan juga telah mengembangkan inovasi autodebit iuran peserta JKN tidak hanya melalui autodebit rekening bank, namun juga melalui non bank seperti uang elektronik maupun e-commerce. Untuk alur pendaftaran pada prinsipnya sama,” terang Pupung.

Pupung menegaskan, kepastian status keaktifan peserta sangat penting untuk menjamin peserta saat membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Kami juga terus berkomitmen untuk bersinergi dengan pihak-pihak terkait, dalam peningkatan layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Sorong Raya. */

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds