Terkini

Hilal Terhalang Awan, 1 Ramadan 1445 H Diprediksi Hari Selasa 

Kapabar – Sesuai dengan pantauan Rukyatul Hilal 1 Ramadan 1445 Hijriah yang dilakukan oleh Tim Hisab dan Rukyat di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya, hilal dinyatakan tidak terlihat karena terhalang oleh awan dengan ketinggian – 0,1⁰.

Hal ini, sebagaimana disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Papua Barat Luksen Jems Mayor kepada awak media usai melakukan pantauan Rakyatul Hilal di Kasuari Valley Beach Resort pada Minggu 10 Maret 2024.

“Pemantauan di wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya ada tiga titik yakni di Masni, Fakfak dan Sorong. Namun, Sorong kami saksikan tadi minus atau tidak terlihat,” kata Luksen.

Dikatakan Luksen, dengan tidak terlihatnya hilal, maka penentuan 1 Ramadan 1445 Hijriah melalui Sidang Isbat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia yang dihelat di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Minggu 10 Maret 2024.

“Saya juga menghimbau kepada umat muslim di Papua Barat dan Papua Barat Daya agar menjalankan ibadah puasa dengan baik. Menjaga kerukunan, toleransi, menghargai dan menghormati terhadap sesama umat beragama,” harap Luksen.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sorong Rofiul Amri mengatakan, sebagaimana pemaparan oleh Tim Hisab dan Rukyat, maka diprediksi 1 Ramadan 1445 Hijriah akan jatuh pada Selasa 12 Maret 2024.

“Karena kami melihat ketinggian hilal di hari Selasa berada dalam posisi 13⁰ di Kota Sorong,” pungkasnya. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds