Politik

Sukseskan Pemilu 2024, Pemkot Sorong dan Forkopimda Perkuat Sinergitas 

Kapabar – Pemerintah Kota (Pemkot) Sorong, Papua Barat Daya bersama forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) memperkuat sinergitas dan koordinasi dengan memastikan kesiapan penyelenggara guna menyukseskan Pemilu 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sorong Septinus Lobat mengatakan bahwa Pemilu 2024 tinggal 13 hari lagi yakni pada 14 Februrari 2024, Sehingga menjadi penting bagi Pemkot Sorong, Forkopimda, KPU dan Bawaslu serta suluruh masyarakat untuk memastikan kesiapan dari pihak penyelenggara sebagai bagian dari dukungan terhadap kegiatan pencoblosan.

“Ini bagian penting bagaimana kita memastikan kesiapan KPU sudah sejauh mana terkait kesuksesan Pemilu 2024 di Kota Sorong,” kata Septinus di Kota Sorong, pada Rabu (31/1/2024).

Septinus mengakui bahwa kesiapan KPU Kota Sorong sejauh ini sudah hampir 100 persen berdasarkan hasil laporan dari pihak penyelenggara.

“Saya memberikan apresiasi kepada KPU yang telah bekerja keras untuk kesiapan Pemilu 2024 di Kota Sorong,” papar Septinus.

Karena, bagi Septinus, tugas dan tanggung jawab Pemilu 2024 bukan menjadi tanggung jawab KPU tetapi tanggung jawab seluruh pihak, mulai dari KPU dan Bawaslu sendiri, pemerintah, TNI dan Polri, forum kerukunan umat beragama (FKUB).

“Mari kita bergandengan tangan menyukseskan Pemilu 2024,” singkatnya.

Dia menyakini bahwa kesuksesan Pemilu 2024 hanya bisa berjalan sukses, aman dan damai jika sinergitas dan koordinasi lintas elemen semakin diperkuat.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Sorong Balthasar Kambuaya menjelaskan, secara regulasi terdapat 11 tahapan yang dijalankan KPU, kemudian hingga saat ini, KPU Kota Sorong telah masuk pada ke sembilan yakni tahapan kampanye.

“Dalam proses yang telah kami kerjakan secara kelembagaan kami dituntut untuk tepat waktu dan tepat dalam sistem penyelenggara di tingkat KPU kabupaten, PPD, PPS,” ungkap Balthasar.

Menurut Balthasar salah satu proses yang telah dilalui adalah telah melantik anggota KPPS yang nantinya bersentuhan langsung dengan masyarakat pada proses pemungutan suara berlangsung.

“Jumlah DPT Kota Sorong sebanyak 205.507 yang tersebar di 730 tempat pemungutan suara (TPS) di 10 distrik dan 41 kelurahan di Kota Sorong,” terangnya.

Dikauinya, KPU Kota Sorong pun telah merekrut anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebanyak 5.110 orang kemudian ditambah dengan perlindungan masyarakat (Linmas) 1.450 orang.

Jadi anggota KPPS dan Linmas itu akan tersebar di 730 TPS di wilayah Kota Sorong pada 14 Februari 2024. Kalau persiapan kami sudah mencapai 90 persen menuju 14 Februari 2024,” terangnya.

Secara kesiapan bidang logiatik, sambung dia, sudah siap di gudang logistik KPU, kemudian proses yang tengah di kerjakan adalah proses seting dan perakitan surat suara. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button

Penerimaan Mahasiswa Baru UNAMIN


banner popup

This will close in 20 seconds