Kesehatan

Lewat i-Care JKN di Aplikasi Mobile JKN, Riwayat Pelayanan Kesehatan dalam Genggaman

Sorong – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sorong, Gilang Yoga Wardanu mengatakan, Fitur i-Care JKN hadir untuk memudahkan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam melihat riwayat kesehatan yang pernah dilakukan. Bukan hanya untuk peserta, fitur ini juga memungkinkan fasilitas kesehatan untuk mengetahui riwayat pasien JKN selama satuan terakhir.

“Fitur yang dapat diakses melalui Aplikasi Mobile JKN ini tentu saja dapat memudahkan berbagai pihak. Para dokter juga akan lebih dipermudah karena dapat mengetahui riwayat pelayanan kesehatan peserta, tentu saja akan diakses atas persetujuan yang bersangkutan terlebih dahulu,” ujar Yoga.

Yoga menjelaskan, inovasi i-Care JKN ini juga bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi peserta JKN. Adanya kemampuan dokter untuk mengakses riwayat kesehatan peserta diharapkan dapat memberikan dukungan bagi dokter untuk memberikan pelayanan yang semakin cepat dan tepat sesuai indikasi medis yang terekam sebelumnya.

BPJS Kesehatan juga sangat memperhatikan keamanan dan kerahasiaan data pribadi peserta. Petugas medis tidak diperkenankan mengakses riwayat pelayanan peserta JKN tanpa persetujuan.

Sebelum menampilkan riwayat pelayanan, petugas medis akan melakukan konfirmasi secara lisan sebagai persetujuan bahwa peserta mengizinkan akses tersebut oleh petugas medis.

“Sudah seharusnya peserta mendapatkan layanan kesehatan yang komprefensif, dengan adanya fitur i-Care JKN, semua informasi dapat diakses kapan pun dan dimanapun oleh dokter. Tapi tenang untuk kemanan data, hak akses dan informed consent telah dilakukan verifikasi sebelumnya sesuai ketentuan yang ada, jadi semuanya aman,” terang Yoga.

Pada kesempatan yang berbeda, salah satu peserta JKN, Dina (26) mengaku fitur i-Care JKN telah memberikan kemudahan ketika sang ayah menjalani pelayanan kesehatan di salah satu fasilitas kesehatan di Kota Sorong.

“Jadi kemarin ayah saya dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD), saat bertemu dengan dokter, saya ingat adanya fitur i-Care JKN. Saya langsung membuka Aplikasi JKN dan manfaatkan informasi riwayat pelayanan kesehtan ayah saya untuk konsul dengan dokter disana. Sangat membantu, penanganannya jdi lebih cepat dan langsung ditindak dengan tepat,” kisah Dina.

Tidak hanya sampai disitu, Dina pun menyampaikan kalau Aplikasi JKN sangat memudahkan dirinya dan keluarganya ketika ingin mengakses layanan kesehatan atau bahkan untuk melakukan berbagai keperluan administrasi JKN lainnya.

“Ada kartu digital, ada skrining riwayat kesehatan, bisa liat lokasi faskes, fitur antrean online, info-info Program JKN dan masih banyak lagi. Pokoknya sangat praktis dan semua sangat mudah, apalagi saat ini kita semua pasti tidak akan jauh dari yang namanya handphone,” katanya.

Dia berharap, semoga semua inovasi-inovasi yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh seluruh masyarakat peserta Program JKN. */

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button