Terkini

Bawaslu Sebut Ganjar Pranowo Tidak Langgar Aturan Selama di Kota Sorong

Kapabar – Kedatangan dan Aktifitas Calon Presiden Republik Indonesia, Ganjar Pranowo selama di Kota Sorong dinilai tidak melanggar aturan. Sampai berita ini dipublish, Ganjar dinilai tidak melakukan kampanye sebelum tanggalnya.

Ketua Bawaslu Provinsi Papua Barat Daya, Farli Toding yang ditemui di kantornya, Senin (20/11) mengatakan bahwa sebelum kampanye terdapat tahapan yang namanya sosialisasi. Dimana jelas Farli, Kampanye menjadi masa seorang calon menyampaikan visi, misi, dan program serta mengajak masyarakat untuk memilih atau mencoblos.

Menurut Farli, dalam kedatangan dan aktifitasnya tadi, Ganjar Pranowo tidak melakukan hal-hal yang ia sebutkan tadi. Lanjut Farli, apa yang terjadi merupakan respone positif dari Relawan Ganjar Pranowo atas arahan dari pihak Bawaslu Papua Barat Daya ketika menerima surat soal kunjungan mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

“Kami sudah lakukan pemantauan dan Relawan Ganjar Pranowo menaati itu dengan tidak ada arak-arakan, membagi brosur atau selebaran dan sebagainya. Untuk kegiatan tadi pun kami pantau dan kaji sampai malam ini, semuanya masih masuk dalam sosialisasi yang artinya tidak ada ajakan memilih dan sejenisnya,” jelas Firli sembari mengajak masyarakat untuk ikut mengawal aturan kampanye dan sosialisasi.

Firli mengatakan berbeda dengan tahun 2019, dimana para calon diberikan waktu 200 hari untuk berkampanye, tahun 2023 para calon hanya diberikan waktu 75 hari. Sambubg Firli, maka harapan Bawaslu Papua Barat Daya para calon dapat memaksimalkan masa sosialisasi yang akan berlangsung sampai tanggal 27 November 2023 nanti.

“Masa sosialisasi sudah dimulai sejak penetapan parpol atau pada bulan Desember 2022. Terhitung bulan Desember tahun lalu, parpol sudah dapat memperkenalkan diri mereka beserta seluruh pengurusnya. Sementara tahapan sosialisasi untuk bacalon sudah dimulai dari waktu verifikasi pada bulan Agustus hingga penetapan tanggal 3 bulan ini. Masa sosialisasi ini akan berakhir pada tanggal 27 nanti dan itu berlaku untuk semua parpol dan para calon,” tambah Firli.*HMF

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button