Politik

KPU Papua Barat Daya Canangkan Zona Integritas WBK dan WBBM

Kapabar – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Daya mencanangkan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Vega Prime Hotel Sorong, Minggu 12 November 2023.

Ketua KPU Papua Barat Daya Andarias Daniel Kambu mengatakan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 Tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah.

“Zona integritas merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang dipimpin serta jajaran yang punya niat pemimpin untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” kata Andarias.

Andarias menjelaskan, pembangunan zona integritas terinspirasi dari konsep island of integrity yang merupakan praktek lebih jauh dari eksistensi pengembangan keilmuan administrasi publik dan tata kelola pemerintahan.

“Island of integrity ialah suatu kondisi, dimana unit kerja instansi pemerintah yang mampu memberikan tata kelola baik, meskipun instansi pemerintah disekitarnya didominasi oleh manajemen dan tata kelola yang buruk,” ungkap Andarias.

Dampak dari pelaksanaan island of integrity, sambung Andarias, setidaknya dapat dilihat dari beberapa hal, misalnya menciptakan kinerja organisasi yang bebas korupsi, efisiensi yang lebih besar dan melalui sistem yang lebih luas.

“Pencanangan pembangunan integritas ini adalah deklarasi atau pernyataan dari KPU Papua Barat Daya atau pimpinan unit kerja bahwa instansi atau unit kerja telah siap membangun zona integritas,” terangnya.

Pj Gubernur Papua Barat Daya diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan George Yarangga menyampaikan, pencanangan zona integritas merupakan langkah awal mendukung program pemerintah yang baik, tertib dan efisien.

“Sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat dan tepat. Juga profesional dalam mewujudkan good government and cleaning government menuju aparatur yang bersih dan bebas dari korupsi,” tandas George. *RON

Tampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button